Cara minum kopi fresh tiap hari dengan budget pas-pasan

Halo selamat siang semuanya, mohon maaf saya sudah lama engga ngeblog karan ada urusan kantor yang sangat padat, oh ya selamat hari raya idul fitri 1439 H ya, mohon maaf lahir batin, walaupun dah telat nih beberapa hari.

Kali ini saya akan share pengalaman saya selama 1 tahun ini dengan mengkonsumsi kopi hitam fresh tiap hari dengan budget yang pas-pasan. Alasannya untuk ritual kopi tiap pagi ini mesti menggunakan kopi fresh atau dari biji kopi yang baru di sangrai, tidak hanya kualitas rasa kopi yang masih orginal dan juga manfaat nya sangat banyak sekali untuk tubuh kita jika dibanding dengan kopi sachet.

Berikut adalah beberapa peralatan yang harus anda persiapkan sebelum memulai menyeduh kopi, dan pengalaman saya ini adalah salah satu metode seduh yang sering di sebut dengan pour over, untuk metode yang lain akan saya bahas pada artikel yang lain yah.

  • Manual Grinder, harga 130k-700k, untuk manual grinder anda bisa membeli yang biasa dan yang bermerk seperti hario, porlex, rinowhare, dll. Jika akan mencoba terlebih dahulu bisa membeli yang harga 130-150k.
  • Dripper, harga 30-70k, dripper banyak jenisnya seperti hario v60, atau milik kalita bottom flat. anda pilih salah satu yang berbahan plastik saja agar terjangkau.
  • Paper filter, harga 29k-100k, paper filter disesuaikan dengan dripper yang anda pilih biasanya isi dari paper filter antara 50pcs-100pcs cukup untuk 2bulan jika anda ngopi tiap hari 2 cangkir.
  • Coffee single origin atau blend, untuk istilah single origin dan blend anda bisa mencari di google, jika anda suka kopi pahit dan harga lebih murah pilih yang robusta, tetapi jika anda penikmat kopi yang dominan asam bisa memilih arabika yang harga nya biasanya lebih mahal ketimbang robusta. Kalau saya pribadi lebih suka arabika.

Berikut summary peralatan dan perlengkapan yang harus ada :

  • Manual grinder (150k)
  • Dripper (50K)
  • Paper Filter(40k)
  • Single origin coffee bean 250g (60K)

Total budget awal adalah 300k, anda bisa menikmati kopi fresh tiap hari / + – 25 cangkir . Selamat mencoba. Jika ada yang perlu di ditanyakan silahkan tulis pada kolom komentar ya.

Wassalam
Hendra Wijaya

Leave a Reply