Cara mudah stop otomatis charging battre iphone / ipad / macbook

Halo selamat malam semua, kali ini saya akan share pengalaman saya yang telah lama saya lakukan, namun baru kali ini saya sempat posting.

Mungkin dari teman-teman sebelumnya juga sudah melakukan cari ini, namun demikian masih banyak dari teman-teman yang lain yang belum mengetahui tips bermanfaat kali ini. Maka dari itu mohon maaf jika artikel kali ini terkesan kurang bermanfaat bagi yang sudah berpengalaman.

Saya melakukan hal ini sudah lebih dari 3 tahun, dan Alhamdulillah battre iphone, ipad dan macbook saya bertahan lebih lama dan tidak ngedrop sama sekali, walaupun beberapa sumber mengatakan bahwa pada hardware nya sudah mengadopsi auto cut off jika battre sudah penuh… well tidak masalah jika asumsi ini diyakini, tetapi alangkah baiknya jika anda melakukan 2 proteksi untuk gadget yang anda sayangi.

seperti yang sudah kita pahami semua, ios dan mac os tidak seperti android yang dimana pada android mempunyai aplikasi untuk mengingatkan jika battre sudah full dicharge dengan bunyi alarm sehingga kita dapat mencabut charge agar battre tidak kembung.

Namun aplikasi tersebut menjadi masalah jika saat gadget kita ditinggal tidur, dimana waktu pengecasan antara 2-4 jam, sedangkan waktu tidur kita bisa sampai 8 jam, tidak enak jika harus bangun 2 jam kemudian hanya untuk cabut charger.

Maka dari itu solusi yang sudah saya praktekkan sampai saat ini adalah menggunakan alat bernama timer switch on of / saklar timer, fungsi alat ini adalah untuk memberikan waktu agar saklar otomatis off dan on pada waktu yang telah kita tentukan.

Kebetulan saklar timer yang saya pakai masih yang manual, jarak minimal adalah 15menit, artinya setiap kelipatan 15menit saklar disetting untuk on atau off. Ada juga yang saklar digital harganya 2x lipat dari saklar manual / mekanik.

Saklar otomatis ini saya beli dengan harga 50rb, silahkan cari di marketplace atau toko listrik di sekitar rumah anda, dan selamat tidur nyenyak tanpa khawatir battre kembung.

Note :
Saklar ini juga bisa anda gunakan pada gadget lain, lampu tidur, dll. Saya mengambil judul khusus mahzab ios karena biar judul nya lebai saja.

Wassalam
Hendra Wijaya

Leave a Reply