Mengenal peer to peer lending (p2p lending)

Halo selamat malam semua, kali ini saya akan share sedikit pengetahuan saya tentang peer to peer lending / p2p lending.

Terus terang saya mendengar p2p lending pada minggu ini setelah berita podcast BBC London membahas tentang salah satu perusahaan di indonesia yang memperkenalkan platform ini, walaupun mungkin perusahaan ini sudah eksis ditahun- tahun sebelumnya (saya yang terlambat mengetahuinya).

Sebelumnya peer to peer juga dikenal di ranah teknologi informasi yang berhubungan dengan networking / connection, dimana secara sederhana berarti koneksi antara satu komputer dengan komputer lain tanpa perantara switch / hub / router yang memiliki IP/alamat yang class nya sama.

Tidak jauh berbeda dengan p2p lending yang dimaksud dalam artikel ini, secara sederhana adalah kegiatan pinjam meminjam antara kreditur dan debitur dimana wadahnya / networknya adalah seperti marketplace yang dilakukan secara online.

P2p memungkinkan dipertemukannya kreditur dan debitur di pelosok negeri secara online, agar para kreditur dapat memperoleh pinjaman dari debitur dengan data-data yang sudah disediakan sebelumnya, tanpa harus bertatap muka secara fisik dan biasanya tanpa anggunan / barang jaminan.

Kita akan membahas lebih dalam lagi tentang p2p lending dalam artikel-artikel selanjutnya, agar kita paham peluang dan resiko dari yang disebut sebagai alternative financial ini.

Silahkan tinggalkan komentar dibawah untuk menambah wawasan saya yang sedikit ini.

Wassalam
Hendra Wijaya

Referensi, diakses tanggal 22 Dec 2017, pukul 22.27 wita :

  • https://koinworks.com/id/education-center/mengenai-peer-to-peer-lending
  • https://koinworks.com/blog/ketahui-tentang-peer-peer-lending/
  • https://www.cermati.com/artikel/apa-perbedaan-peer-to-peer-p2p-lending-dengan-crowdfunding-ini-penjelasannya
  • https://www.investree.id/blog/business/peer-to-peer-lending-vs-pinjaman-bank
  • https://www.investree.id/how-it-works

Leave a Reply