Solusi aktivasi iphone dan ipad pada iOS 11

Halo selamat malam semua, kali ini saya akan share pengalaman saya setelah blog walking, watching video dan join forum-forum khusus nya idevice.

Pada kenyataannya banyak sekali perangkat apple khususnya iphone dan ipad bermasalah saat proses activasi setelah clean isntall atau upgrade OTA dari ios 10 ke ios 11.

Baca juga : Cara perbakian error restore kode 4013 pada iphone

Di internet memang banyak kecamanan yang datang dari pengguna iphone dan ipad mereka yang tidak bisa diaktivasi, dengan message error sbb :

“Your iphone could not be activated because the activation server cannot be reached.”
“Iphone anda tidak dapat diaktifkan karena server aktivasi tidak dapat dijangkau.”

Pada dasarnya saya menganjurkan anda tidak untuk menyerah begitu saja, artinya anda harus mencoba segala hal dari yang mudah hingga yang sulit sekalipun untuk menyelesaikan masalah ini.

Hal yang mudah yang harus anda coba terlebih dahulu adalah sebagai berikut :

  • Aktivasi lewat itunes, colokan iphone / ipad anda ke komputer mac or windows yang sudah terdapat itunes terupdate, coba aktifasi dari sana.
  • Logout terlebih dahulu pada icloud.com/find, lakukan logout pada icloud anda kemudian coba aktivasi kembali.

Jika langkah diatas sudah anda coba dan tidak berhasil, maka silahkan simak beberapa statement dibawah ini yang saya dapatkan dari beberapa forum dan website kenapa iphone / ipad anda tidak bisa diaktivasi.

  • Iphone / ipad anda refurbish, silahkan googling arti kata refurbish iphone
  • Iphone / ipad anda replacement (penggantian beberap part yang tidak original)

Saat aktifasi, iphone / ipad akan mencocokkan mac address dari wifi, bluetooth dan SN IC NAND (flash memori) ke server apple, jika ketiganya tidak cocok dengan database apple maka proses aktifasi tidak dapat dilanjutkan.

Cara paling mungkin untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti / rewrite dari beberapa part tersebut (biasanya IC NAND akan di rewrite_ agar bisa disamakan dengan server apple. Cara ini dapat dilakukan menggunakan software dan hardware ic programmer. Dengan dilakukan oleh orang yang expret / setidaknya mempunya kedua alat tersebut.

Dan untuk iphone 5s sepertinya tidak ada yang mau ambil perbaikannya, saya tidak mengetahui apakah tidak worth it untuk mengerjakan iphone dibawah 6 karena faktor biaya atau memang kemungkinan gagalnya lebih besar.

Silahkan tinggalkan komentar jika ada yang perlu ditambahkan terkait aktifasi ios 11 ini pada kolom komentar.

Wassalam
Hendra Wijaya

Leave a Reply