Tips menentukan tension atau tarikan senar raket badminton

Halo selamat malam semua, kali ini saya akan share pengalaman saya terkait penentuan tension atau tarikan senar pada raket badminton.

Tension atau tarikan senar sangat penting dalam olah raga badminton, karena dari tension ini ada dapat mengukur kekuatan pukulan anda untuk smashing atau controlling.

Pada umumnya tension senar di tentukan dengan ukuran lbs atau kg, tetapi biasanya kita sebut lbs saja, 1 lbs kurang lebih 0,45kg.

Untuk pemula seperti saya biasanya direkomendasikan tension senar nya antara 20-24lbs, hal ini memudahkan pukulan kok lebih ringan karena tidak membutuhkan banyak tenaga.

Karena secara teori semakin rendah lbs semakin besar daya tolak terhadap kok, semakin tinggi lbs semakin kecil daya tolak kok, karena saat kita seting tension besar kok tidak lama berada di atas senar sehingga kita perlu power lebih untuk melakukan pukulan seperti smashing contohnya.

Sebaliknya jika tension rendah maka kok akan membutuhkan waktu lama diatas senar sehingga daya tolak semakin besar. Dan power untuk melakukan smashing tidak sebesar tension tinggi.

Analoginya seperi busur panah yg semakin ditarik kebelakang akan menghasilkan daya tolak busur semakin kencang. Begitu sebaliknya.

Tension rendah biasanya kurang bagus untuk kontrol kok, seperti misalnya kita akan melakukan bola2 netting. Tetapi sangat keras jika melakukan smashing, sebaliknya jika kita pakai tension tinggi smashing perlu ekstra power agar lebih keras, dan bola2 netting akan lebih mudah.

Beberapa produsen raket sudah memproduksi raket dengan high tension atau tension tinggi hingga 35lbs seperi contohnya yonex voltric seri dg maupun yg slim. Hal ini memungkin kan di gunakan oleh atlit professional.

Namun demikian lebih baik di sesuaikan dengan kemampuan kita dalam menentukan tension, agar olah raga anda tidak menyebabkan cidera, karena membutuhkan tenaga besar dan over use bahu anda dengan memaksakan tension tinggi agar hanya terlihat keren bunyi senar nya (ting). Hehehe

Untuk pemasangan senar usahakan menggunakan alat yang digital, jika ditempat anda tidak ada pemasangan senar digital yg manual juga tidak masalah.

Selamat bermain badminton.

Wassalam

Hendra Wijaya

Leave a Reply

%d bloggers like this: