Analisa data dengan google datastudio

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 12 August 2020.

Halo selamat malam semua, gimana kabar hari ini ? semoga baik-baik saja ya. tetap semangat dan jaga kesehatan. Kali ini saya akan share tools baru untuk mengolah data dan menganailisa data dengan google datastudio.

Blog walking

Sebelumnya saya sedang blog walking terkait dengan bounce rate di google analytic, artikel tentang bounce rate sedang saya susun ya, semoga bisa saya tulis karena mesti mengumpulkan informasi terlebih dahulu.

Google datastudio

Balik lagi dengan google datastudio, entah di web mana saya terdampar sehingga bisa sampai ke situs ini, jadi secara sederhana google datastudio ini sebuah platform untuk mengolah dan menganalisa data yang nantinya bisa disajikan berupa report graphical biasanya untuk laporan yang di konsumsi oleh manajer keatas.

Seperti microsoft power BI

Jika anda sering bermain dengan microsoft power BI harusnya tidak akan terlalu bingung dengan environment dari google ini, karena secara interface juga mudah dipahami.

Bedanya jika microsoft power BI (biasanya) berbentuk executable file .exe yang mesti anda install terlebih dahulu pada komputer / laptop. Sedangkan google datastudio bisa anda jalankan dengan infrastruktur cloud.

environment google datastudio

Data source

Untuk data konektor / sumber data google sudah menyediakan banyak konektor seperti google analytic, google search consule, google adsense, dan youtube analytic, bahkan anda bisa menggunakan data sheet yang tersimpan di google driver atau di komputer anda setelah anda upload.

data source

Saya mencoba dua konektor pertama dari google analytic dan kedua dari file excel sample data yang disediakan oleh google. Dari percobaan keduanya tidak ada masalah saat dilakukan design reporting.

233 patner google datastudio

Selain itu partner google yang mempunya API juga dapat langsung terkoneksi dengan datastudio dengan mudah. Ada sekitar 233 partner google yang bisa anda integrasikan dengan google datastudio ini.

partner connector

Platformnya pun beragam dari CRM, sosial media, search, finance, advertising, public dan open data sets bahkan private company bisa menggunakan layanan ini melalui app script, anda bisa baca penjelasannya disini : partner connector.

Database hingga Big Query

Disamping itu, saya juga melihat banyak database bisa di integrasikan seperti mysql, porgresql, cloud mysql, cloud spanner dan bahkan bigquery juga masuk kedalam nya, ini semua adalah ecosystem google yang sudah terintegrasi.

Coba google datastudio

Untuk memulai nya anda bisa mendaftar / login ke google datastudio silahkan klik link nya disini : daftar google datastudio, kemudian anda coba untuk membuat report dengan klik tombol blank report.

Kemudian pilih analytic jika anda punya google analytic, jika tidak punya anda bisa gunakan sample data pada tab my data sources. Disana terdapat file populasi dunia dari tahun 2004 – 2015, anda gunakan itu untuk trial sebelum gunakan data source yang lebih advance.

reporting

Share Report and colaboration

Menariknya lagi setelah anda mendisain report nya, report tersebut bisa di share ke rekan kerja yang terhubung dengan gmail, atau bisa colaboration untuk membuat report nya tentunya dengan gmail juga.

Silahkan anda coba untuk melihat sample report pupulasi dunia yang sudah saya share disini : pupulasi dunia 2004-2015 sample data.

Otomatis send report ke email

TIdak sampai disitu, report yang sudah anda design bisa custome query sendiri misalnya jika anda terkoneksi dengan google analytic, anda dapat menyusun report berdasarkan tanggal analytic misalnya : today, yesterday, last 28 day, dll, kemudian anda bisa membuat schedule untuk otomatis dikirim ke email yang anda telah tentukan.

automatic send report to email every single day

Fitur ini sangat membantu untuk laporan harian, mingguan, bulanan yang report nya anda buat hanya sekali, dan biarkan sistem yang mengerjakan semuanya.

Kesimpulan

Menurut hemat saya, google memang mempunyai ekosistim yang sangat besar dan komplek, dimana ekosistem tersebut sangat membantu kita untuk melakukan hal-hal yang manual menjadi otomatis.

Mulai dari hal simple seperti email, kemudian masuk kedalam sebuah ekosistem besar seperti cloud computing yang dimana platform itu digunakan untuk compute data, database processing, networking, security, dll dan tidak lupa hasil dari proses itu semua dibuatkan 1 platform untuk menyajikan data dan mendeliver ke user dengan google datastudio.

Wassalam
Hendra Wijaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *