Cara daftar google analytic

Halo selamat sore semua, kali ini saya akan share pengalaman mendaftar dan memasang kode tracking google analytic di situs anda.

Bagi yang belum mengetahui apa itu google analytic, ini adalah salah satu ekosistem google yang berfungsi utamanya adalah untuk melakukan counter pengunjung website dan aplikasi.

Fungsi Analytic

Disamping itu, anda juga bisa tracking pengunjung situs anda dengan sangat detail, seperti misalnya :

  1. Total pengunjung
  2. Total Halaman yang di lihat
  3. Lama kunjungan
  4. Berapa lama berkunjung per halaman
  5. Menggunakan teknologi apa (mobile, tab atau desktop)
  6. Menggunakan sistem operasi apa saja
  7. Demografi (negara dan kota)
  8. Halaman apa yang sering dikunjungi
  9. dll

Artikel saya terkait bounce rate dalam google analytic bisa anda baca setelah anda mendaftar terlebih dahulu untuk memulai menyematkan script pada situs anda.

Fungsi diatas adalah bagian kecil dari google analytic, lebih jauh anda bisa menggunakan ini sebagai KPI (Key Performance Indicator) untuk situs anda, sehingga anda dapat menentukan goals untuk tiap metrik yang disediakan.

Misalnya anda membuat goal tiap bulan visitor minimal adalah 1000 orang, maka anda bisa memantau dan memberikan target atas goal anda.

Menarik bukan ?

Daftar Analytic

Berikut adalah langkah untuk mendaftar google analityc.

Welcome page google analytic
  1. Kunjungi situs google analytic.
  2. Login menggunakan akun gmail anda.
  3. Klik Mulai Mengukur

Sebelum anda mendapatkan kode tracking yang nantinya akan di sematkan pada situs, anda perlu membuat akun google analytic.

Nama akun google analytic

Akun ini berfungsi sebagai master dari situs-situs yang akan anda sisipkan script tracking. Jadi satu akun ini dapat menampung banyak situs.

  1. Isikan nama akun misalnya “Hendra Wijaya”
  2. Kemudian Klik Berikutnya

Langkah selanjutnya anda harus memilih script ini akan disisipkan pada situs atau aplikasi atau keduanya. Untuk case ini kita pilih situs / web, kemudian klik Berikutnya.

Pilihan situs atau applikasi

Setelah anda memilih script nya akan ditempatkan pada situs / web, langkah selanjutnya adalah mengisi data terkait URL situs anda.

Termasuk juga kategori situs, dan zona pelaporan, hal ini dimaksudkan agar data yang di capture sama dengan zona waktu ditempat tinggal anda.

Contohnya karena saya tinggal di denpasar, maka saya gunakan zona Indonesia + Makassar GMT +8. Silahkan anda sesuaikan dengan zona dimana anda tinggal ya.

Jika sudah yakin, silahkan anda klik Buat.

Pemilihan zona dan kategori web

Nanti akan muncul terkait persyaratan google analytics, anda bisa baca dan centang keduanya.

Hal ini sebenarnya yang menjadi konsen google terkait GDPR (General Data Protection Regulation) dimana mengharuskan situs-situs “meminta izin” jika akan mengambil behaviour pengunjung, terutama sebagai compliant dari regulasi wilayah Eropa.

Setelah di centang keduanya, klik Saya Setuju.

persyaratan perjanjian

Kode Tracking

Selanjutnya anda akan melihat script untuk melacak situs anda, copy script yang berada pada text box, dan paste pada situs anda.

pelacakan situs

Cara menyematkan pada situs anda bisa dengan beberapa cara seperti langsung ditempel pada header.php jika anda menggunakan WordPress.

Atau anda juga bisa gunakan plugin insert header dan footer, paste script tersebut pada bagian header / footer.

Kesimpulan

Sampai disini anda sudah mempunya script yang sudah disematkan pada situs milik anda, nantinya semua aktivitas situs akan terekam, dan anda bisa lihat melalui dashboard analytic.

Data biasanya akan muncul setelah 1-2 hari pelacakan, anda bisa mencoba akses situs, dan kemudian klik pada tab HOME, dan lihat active user nya.

Selamat mencoba, jika ada pertanyaan silahkan bisa dikolom komentar ya.

Wassalam
Hendra Wijaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *