Cara menggunakan google search console

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 17 August 2020.

Halo selamat pagi semua, selamat hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75, semoga bangsa ini cepat pulih dari pandemic ya!.

Kali ini saya akan share pengalaman saya menggunakan google search console, jika anda belum mendaftar google search console, anda bisa membaca artikel saya terkait cara daftar search console beserta dengan penjelasan singkat pengertian dari salah satu ekosistem google ini.

Saya refresh sedikit terkait tujuan menggunakan google search console, adalah untuk mengukur situs kita, baik secara traffic maupun isue-isue yang muncul seperti misal nya URL yang sudah di index atau belum, kapan googlebot terakhir mengunjungi situs kita dll.

Kenapa harus google search console

Kenapa hal ini sangat penting ? Kita tahu bahwa google search engine adalah market share terbesar di dunia dalam kategori mesin pencari, yang mencapai 86% menurut statisa.com , 91% menurut situs oberlo.com dan 90% menurut situs bussinesinsider.com.

Menganalisa situs anda melalui search console milik google adalah pilihan yang tepat agar situs anda mendapat kesempatan menjadi bagian market share yang besar tersebut dari google.

Points Bahasan

Berikut ini adalah point-point yang akan saya bahas :

  1. Performance Report
  2. URL Inspection
  3. Sitemap
  4. Core Webvital
  5. AMP

Performance Report

Baik, kita masuk ke bagian teknikal untuk memantau situs anda, setelah anda melakukan pendaftaran, data akan disajikan dalam beberapa hari, mostly 1-2 hari kedepan (atau bisa lebih lama).

Silahkan anda lihat pada dashboard google search console pada menu Overview secara berkala.

Jika sudah muncul graphical performance report, sekarang anda coba klik report peformance.

peformance report

Pada report tersebut diberikan perbandingan antara iven impressi pada situs anda dan iven klik yang dilakukan oleh pengguna melalui google search engine (google search).

Contohnya adalah sebagai berikut, misalnya pengguna google search mencari artikel dengan kata kunci “cara membatalkan transfer bca”.

Maka akan muncul situs-situs yang mempunyai judul atau meta tag dengan kata kunci tersebut pada browser mereka sebagai berikut :

query search tems

Pada saat situs anda muncul dilayar browser pengguna google search itu disebut iven impressi, sedangkan jika pengguna melakukan klik di situs anda dan masuk kedalam halaman situs, maka itu disebut iven klik.

Report performance pada google search console memberikan data secara detail banyak nya impressi yang ada dan banyak nya klik yang telah dilakukan oleh pengguna, beserta dengan query search term yang digunakan.

Report tersebut biasanya disajikan dengan persentase antara impressi vs click yang disebut sebagai CTR.

impressi vs click

Dengan hal tersebut, anda bisa menganalisa lebih dalam, misalnya kenapa banyak iven impressi pada situs katakanlah 500 kali tetapi hanya di klik 2 kali oleh pengguna.

Tentunya anda harus menganalisa hal ini, apakah judul nya tidak menarik atau situs anda terlalu lama diakses oleh pengunjung yang menyebabkan page rank nya juga turun.

Anda bisa gunakan cara-cara untuk mempercepat situs, atau tools analisa situs seperti gtmetrix dan google page speed untuk memperbaiki bagian-bagian yang harus di improve.

URL Inspection

URL inspection adalah bagian tools yang anda bisa manfaatkan dalam google search console, tools ini berfungsi untuk melakukan check pada single URL yang ada pada situs anda.

Single URL cek bertujuan memberikan report secara detail pada URL anda, seperti : apakah URL sudah di index oleh google, kapan terakhir di crawl oleh googlebot, support dengan mobile view dan AMP atau tidak, dll.

Caranya melakukan testnya adalah seperti berikut ini : copy single URL pada situs anda misalnya : https://hendrawijaya.net/cara-mudah-membatalkan-transfer-berkala-pada-internet-banking-bca/

Kemudian test url tersebut pada tools inspect url dan klik enter.

inspect URL

Pada report single url tersebut, pastikan semua centang hijau sudah diberikan oleh google pada sub report yang ada.

Jika ada tanda warning silahkan anda baca keterangannya dan lakukan apa yang di rekomendasikan oleh google untuk memperbaiki nya.

Sitemap

Sitemap atau peta situs sangat penting untuk membantu googlebot agar bisa mencrawl website anda dan dilakukan indexing pada server mereka.

Jika pada dashboard peformance anda tidak muncul data, bisa jadi situs anda belum di index oleh google sehingga impressi tidak terjadi.

Anda bisa tes menggunakan query pada situs google.co.id dengan mengetikan site:namasitus.com kemudian tekan enter, pastikan situs anda sudah muncul pada google search engine.

Jika anda pengguna platform wordpress dengan versi 5.5 kebawah, sitemap harus anda install melalui plugin seperti google xml sitemap. Tetapi jika wordpress anda sudah versi 5.5 sitemap bawaan wp sudah tersedia.

Alamat sitemap di WordPress 5.5 pada blog saya adalah sebagai berikut : https://hendrawijaya.net/wp-sitemap.xml.

sitemap url wp 5.5

Jadi silahkan anda test url sitemap nya, jika anda menggunakan google xml sitemap url nya menjadi sebagai berikut : https://hendrawijaya.net/sitemap.xml

Kembali ke dashboard search console, kemudian klik submit url sitemap.xml atau wp-sitemap.xml kedalam menu sitemap.

Setelah anda submit sitemap nya, anda bisa memantau kapan terakhir postingan, page, tag, dan category anda di crawl oleh google bot.

Robots.txt

Selain melakukan submit sitemap, anda harus melakukan edit terhadap file robots.txt. file ini adalah virtual file yang disediakan oleh wordpress untuk mengarahkan semua bot agar mengikuti perintah robots.txt.

Misalnya bagian file mana saja yang tidak boleh di crawl, atau file mana saja yang berada pada folder public_html /www yang boleh di crawl oleh googlebot, sehingga bisa muncul pada search engine.

Pastikan robots.txt anda ditambahkan alamat sitemap nya sesuai dengan yang sudah anda submit pada google search console.

Cara test nya adalah sebagai berikut, akses URL anda : https://hendrawijaya.net/robots.txt

robots.txt

Anda bisa melihat Sitemap : kemudian diikuti url sitemap yang sudah anda submit pada google search console.

Hal ini dilakukan agar bot melakukan crawl pada sitemap yang sudah anda buat, sehingga artikel anda bisa muncul pada mesin pencari google.

Untuk melakukan edit robots.txt anda bisa membaca artikel nya disini.

Core Webvital

Pada report ini pastikan url anda baik pada mobile maupun desktop dapat diakses dengan cepat dan berfungsi dengan baik.

Jika ada masalah terkait url anda google akan memberi informasi url mana yang bermasalah, baik loading terlalu lama atau tidak bisa diakses.

core webvital

AMP

Agar lebih jelas terkait penjelasan tentang AMP, anda bisa membaca artikel saya terkait situs AMP.

AMP adalah kerangka kerja / framework yang bertujuan untuk mempercepat akses situs yang diakses dengan teknologi mobile.

Jika situs anda sudah berbasis AMP maka report AMP akan muncul, misalnya apakah struktur AMP pada single URL anda sudah benar atau belum, gambar pada situs anda dapat dilihat dengan jelas atau tidak, dll.

Semua reporting yang berhubungan dengan AMP dapat anda lihat pada report ini.

AMP Reporting

Kesimpulan

Google search console memberikan anda reports dari peformance, url inspection, core webvital hingga AMP yang memungkinkan anda untuk mengambil langkah dan melakukan perbaikan-perbaikan pada situs anda.

Tujuannya tidak lain adalah agar situs anda dapat tampil dengan apik pada google search result, karena market share google search engine yang mencapai 86-91% menurut beberapa situs, hal ini menjadi sangat penting untuk traffic organic ke situs anda.

Pada kesempatan lain saya akan membahas terkait BING webmaster, dimana seperti hal nya GOOGLE, bing adalah search engine milik microsoft dan anda bisa mengambil ‘kue’ dari market share bing jika anda ikut dalam ekosistem microsoft tersebut.

Selamat membaca, dan selamat mencoba.

Jika ada pertanyaan jangan sungkan bisa dikolom komentar ya, dan saya juga mengundang para webmaster untuk share pengalamannya yang berharga pada kolom komentar juga.

Terimakasih.

Wassalam
Hendra Wijaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *