Desa Wisata Kertalangu

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 19 Agustus 2020.

DEFENISI


Desa wisata adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. ( Nuryanti, Wiendu. 1993. Concept, Perspective and Challenges, makalah bagian dari Laporan Konferensi Internasional mengenai Pariwisata Budaya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Hal. 2-3) [1]

Desa wisata adalah sebuah kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karakteristik khusus untuk menjadi daerah tujuan wisata. Di kawasan ini, penduduknya masih memiliki tradisi dan budaya yang relatif masih asli.

Selain itu, beberapa faktor pendukung seperti makanan khas, sistem pertanian dan sistem sosial turut mewarnai sebuah kawasan desa wisata. Di luar faktor-faktor tersebut, alam dan lingkungan yang masih asli dan terjaga merupakan salah satu faktor terpenting dari sebuah kawasan tujuan wisata. [2]

FASILITAS


Sehari setelah nyepi, kami mengunjungi salah satu desa wisata yang sempat naik daun, yakni kertalangu, desa wisata ini belum sepenuhnya jadi, karena masih ada bangunan (buatan) dan objek wisata lainnya yang belum dapat digunakan, seperti ; restaurant (tempat makan), namun demikian pemandangannya tidak kalah menarik dengan objek wisata lain yang ada dibali.

Disana terdapat beberapa fasilitas diantaranya bale bengong untuk menikmati makan malam sambil melihat pemandangan desa yang sarat banyak kehijauan, dengan udara yang segar, ada juga kolam khusus untuk memancing, dan ikan hasil pancingan langsung bisa di masak dan dinikmati disana.

BIAYA


Biaya untuk masuk desa wisata ini jika anda menggunakan motor hanya cukup membayar Rp. 1.000,- saja, dan jika menggunakan mobil Rp. 2.000,- . Anda bisa memancing di kolam yang sudah disediakan, dan ikan hasil pancingan anda dapat timbang dan dihitung berapa anda akan membayarnya, saat kami disana kami melihat harga untuk membersihkan sisik dan isi perut ikan adalah Rp. 5.000,-

Catatan Kaki :
[1]. Desa Wisata, Wikipedia Indonesia, http://id.wikipedia.org/wiki/Desa_wisata, Tanggal Akses 8 Maret 2011, Pukul 7:42 Wita.
[2]. Desa Wisata, Tourism Village, http://www.central-java-tourism.com/desa-wisata/in/about.htm, Tanggal Akses 8 Maret 2011, Pukul 7:42 Wita.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top