Cara Membatalkan Transfer BCA

Halo selamat siang semua, zaman sekarang ini memang sudah semakin dimudahkan untuk transfer dana, baik menggunakan mobile app maupun website.

Namun kendala yang sering dialami oleh sebagian dari pengguna mobile app adalah salah melakukan transfer ke rekening lain. Proses ini akan sangat sulit untuk di undo, atau dilakukan pengembalian dana khusus nya dari bank.

Logo bank bca

Antisipasi

Untuk menghindari hal diatas ada baik nya anda lebih berhati2 saat ingin melakukan transfer dana ke rekening tujuan. Bisa di double cek rekening penerima apakah sudah sesuai dengan yang hendak kita transfer, dan juga jumlah uang yang akan ditransfer. Jika anda sudah yakin maka silahkan melanjutkan proses nya.

Terlanjur Transfer

Misal anda ternyata sudah terlanjur melakuan transfer ke rekening penerima dan ternyata rekening penerima tidak sesuai, mungkin ada bisa mencoba beberapa upaya seperti dibawah ini:

Perusahaan

Jika anda salah melakukan transfer ke rekening perusahaan, misal PT A anda transer ke PT AA, coba kirim email resmi keperusahaan tersebut dan jelaskan duduk permasalah yang anda alami, beserta dengan bukti-bukti yang ada, misalnya : bukti transfer dan mutasi rekening anda.

Biasanya perusahaan akan melakukan cek terlebih dahulu atas rekening koran perusahaan, jika nantinya terdapat kesalahan transfer dari pihak lain, saya yakin perusahaan yang baik akan mengembalikan dana anda jika terbukti anda salah melakukan transfer.

Namun demikian mungkin perlu waktu untuk memprosesnya karena biasanya ada birokrasi yang harus dilewati.

Perorangan

Jika anda salah transfer ke perorangan, coba minta untuk dikembalikan dana yang anda salah transfer (jika anda kenal).

Hal lain yang membuat anda panik mungkin anda tidak mengenal orang yang memiliki rekening dimana anda salah mentransfernya. Untuk case ini anda bisa mencarinya di sosial media facebook atau instagram, dll dan menanyakan 1 per 1 apakah beliau yang memiliki nomor rekening yang anda transfer, dan jelaskan maksud anda agar dapat dipahami oleh yang bersangkutan.

Minta tolong dengan cara baik-baik agar orang yang anda tanyakan tidak tersinggung. Ada tetangga saya yang juga salah transfer, kita coba lakukan langkah diatas dan uang nya ditransfer balik ke rekening. Karena saya yakin masih banyak orang2 baik yang tidak tega mengambil hak yang bukan miliknya.

Jika nilai yang ditransfer memang tidak begitu banyak (menurut anda) alangkah baiknya agar di ikhlaskan, mungkin nanti kedepan nya akan diganti dengan yang lebih baik. Dan bisa lebih hati2 lagi sebelum melakukan transfer.

Wassalam

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top