Cara Beli Domain di Google

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 30 August 2020.

Halo selamat siang semua, gimana kabarnya ? semoga baik-baik saja ya. Kali ini saya akan share pengalaman membeli domain di google.

Sebelumnya saya merilis sebuah situs komunitas bernama warganet.today, dari beberapa TLD (top level domain) di indonesia seperti .id, .com, .net , .info sudah ada yang punya.

Akhirnya saya putuskan untuk membeli akhiran .today atas saran dari seorang teman, yang notabene .today berarti bisa juga sekarang / jaman now, not bad lah ya.

Cara Membeli

Pertama anda kunjungi google domains : https://domains.google/, kemudian anda coba cari domain yang ingin anda beli pada kolom search for your domain.

google domain

Nantinya domain-domain yang tersedia akan muncul, dan anda bisa memilih ending dari domain yang ingin anda beli. Ada puluhan ending domain yang disediakan oleh google.

google domain with all ending

Tidak Semua Bisa Dibeli dari Indonesia

Ending / TLD yang ada pada google tidak semua bisa dibeli dari indonesia, salah satu nya yang coba akan saya beli misalnya hendra.it keren kan dot IT (ai ti), TLD .it ini sebenarnya adalah mewakili negara Italy.

google domain .it

Jadi ada syarat-syarat yang harus anda penuhi terlebih dahulu, misalnya anda adalah freelancer yang ada di Italy, dan mempunyai ‘NPWP’ versi Italy.

google domain .it documents

Pembelian Domain .today

Nah, untuk domain TLD lain tidak perlu syarat, contoh nya seperti .today yang saya beli, pertama klik tombol chart yang ada pada kanan atas, kemudian anda akan di arahkan ke halaman check out.

pembelian domain warganet.today

Ada pilihan untuk privacy protection bisa di ON kan, dan google juga menawarkan custom email pada G Suite, artinya nanti email anda bisa menggunakan domain yang sudah anda beli walaupun anda tidak memiliki hosting tersendiri.

Misalnya nanti emailnya menjadi hendra@warganet.today. atau admin@warganet.today. Untuk layanan ini anda diminta untuk membyara 69k per bulan, jadi anda bisa gunakan atau tidak terserah saja.

Jika sudah mantap memilih nama domain, anda tinggal check out menggunakan kartu kredit, domain anda bisa disetup auto renew atau tidak sesuai selera anda.

payment google domain

Kesimpulan

Baik, setelah anda melakukan pebayaran anda akan diberikan dashboard untuk mengelola domain anda, google info kalau domain anda bisa resolve dns 48 jam, tapi saya coba pointing ke vps di Indonesia menggunakan A record tidak sampai 1 jam sudah resolve semua.

Keuntungan membeli domain do google adalah anda dapat menggunakan infrastruktur dan ekosistem dari google terutama terkait security dan DNS nya, jadi harus nya lebih aman.

dns google domain

Next artikel saya akan coba transfer domain dari registran idwebhost ke google domain, dan nantinya akan saya share pada artikel terpisah ya.

Selamat mencoba, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan dikolom komentar ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *