Cara Buat Child Theme Pada WP Astra

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 2 Oktober 2020.

Halo selamat siang semua, kali ini saya akan share bagaimana caranya anda untuk membuat child theme pada tema wp astra.

WP-Astra sangat populer karena disamping design nya yang simple dan banyak opsi / fitur yang berguna pada versi free nya wp astra juga sangat ringan dan multi propose.

Bisa digunakan pada blog pribadi, company profile maupun toko online, jadi theme ini sangat saya rekomendasikan untuk anda pakai.

Fungsi Child Theme

Namun sering kali di beberapa kesempatan seperti misalnya toko online ingin mengintregrasikan kustom php pada form mereka, misalnya untuk kepentingan cek pengiriman dan lain sebagainya.

Untuk menghindari merubah tema asli dari wp astra salah satu caranya adalah menggunakan child theme. Dimana nantinya fungsi css dan kostum form bisa di lakukan pada child theme, tidak pada theme utama.

Tujuannya adalah jika nantinya wp astra anda ada update dari developer, maka tidak perlu mengupload kembali file-file kustom pada tema anda yang baru saja di upgrade.

Mostly jika ada update pada theme astra anda, maka akan secara otomatis menghapus semua file yang berada pada folder theme anda.

Langkah Membuat Child

OKE, berikut adalah langkah membuat child theme pada wp astra anda. Silahkan anda kunjungi situs child theme wp astra generator.

Kemudian isikan nama, child theme anda misalnya astra-child, kemudian klik tombol generate.

child theme astra

Nantinya anda akan mendownload file .zip yang berisi child theme dari wp-astra anda, silahkan anda upload dan aktivekan child theme tersebut.

Jika sudah. Silahkan upload file kustom atau modifikasi css sesuai selera anda di child theme, jika nantinya wp astra utama anda ada update jangan khawatir file kustome dan css anda akan tetap aman.

Wassalam
Hendra Wijaya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top