Cara Buat Push Notifikasi Pada Website Dan Aplikasi IOS Android

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 13 Oktober 2020.

Halo selamat sore semua, kali ini saya akan share bagaimana anda bisa membuat push notifikasi pada situs anda, terlebih dapat digunakan pada aplikasi android dan ios (Jika anda menggunakan WebView).

Tujuan

Tujuan push notifikasi adalah untuk memberikan informasi kepada pengunjung situs anda untuk dapat menerima pemberitahuan update terbaru dari artikel pada situs yang anda kelola.

Notifikasi ini biasanya akan muncul walaupun anda tidak sedang membuka situs yang mengirim notifikasi ini. Jadi fungsinya memang sangat fundamental untuk menarik pengunjung lebih banyak lagi ke situs anda.

Langkah-langkah

Pertama, anda harus menginstall plugin yang bernama onesignal, setelah anda install, silahkan anda daftar / membuat akun terlebih dahulu disini.

Setelah anda membuat akun, langkah selanjutnya adalah melakukan konfirmasi email yang sudah anda daftarkan pada situs onesignal.

email confirmation

Jika konfirmasi email sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalam menentukan nama aplikasi yang akan anda setup. Nama aplikasi bisa digunakan dengan nama website anda.

Karena kita akan mencoba push notifikasi pada website, maka pilih “Web Push”.

Application name or website name

Kemudian, pada konfigurasi web push, plih wordpress plugin or website builder, pada bagian bawah nya pilih WordPress.

Configure web push

Selanjutnya, pada bagian ke 2 WordPress site setup, isikan site name : nama situs anda, kemudian Site url : alamat situs anda, default icon url : masukan url icon yang ada di situs anda. Terakhir klik save.

WordPress Site Setup

Nantinya anda akan diberikan APP ID dan API Key yang akan anda install pada plugin WordPress yang sudah anda download sebelumnya.

Configure wordpress plugin

Copy dan paste kedua nya (app id dan api key) kemudian navigasi ke halaman dashboard wordpress anda, klik menu one signal, kemudian klik configuration.

Setup API Key

Kesimpulan

Setelah anda menginstall onesignal plugin pada wordpress, nantinya pada halaman situs anda jika diakses menggukanan desktop mode akan muncul icon pada pojok kiri bawah.

Anda juga dapat mengativekan nya pada perangka ios dan android dengan menghidupkan tombol send notification additionally to ios and android platform.

Send Notification setting

User dapat melakukan subscribe untuk mendapatkan informasi dari situs anda jika ada update. Contohnya adalah sebagai berikut :

notification web push

Selamat mencoba.

Wassalam
Hendra Wijaya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top