Solusi iphone tidak dapat diaktifkan karena server aktivasi tidak dapat dijangkau

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 27 Juli 2020.

Halo siang semua, artikel saya sebelumya terkait hal aktivasi iphone sepertinya belum banyak dibaca karena mungkin judul nya hanya ios 11, padahal kebanyakan case nya adalah dari ios 10 upgrade ke ios 11.

Baik itu dari iphone versi jadul atau beberapa iphone yang lumayan baru, pada dasarnya bebera artikel yang saya baca diluar blog saya sebatas menganjurkan untuk ganti koneksi dari paket data ke wifi atau ke koneksilainnya, namun demikian ternyata masalahnya tidak sesimple itu.

Sekarang mungkin sudah sedikit case yang ditemui, walaupun kebanyakan iphone 5s mengalami hal ini tidak bisa diaktivasi, saya pribadi punya 3 buah iphone 5s yang jadi bangkai, bisa dipakai hardware nya untuk kanibalan saja.

Berikut ini saya berikan informasi dari website statistik terkait sebaran iphone 5s yang ada di pasaran, ternyata jumlah nya tidak banyak, pada tahun 2018 hanya 2.9% :

Software dan Hardware Solusi

Point nya ada 2 dari solisi ini adalah sebagai berikut :

  1. Solusi software, seperti restart device, install itunes dan coba aktivasi lewat itunes, dengan koneksi internet yang stabil (wifi) misalnya.
  2. Solusi hardware, seperti penggantian beberapa part yang sebelumnya refurbish dan replacement.

Saat aktivasi, iphone sebenarnya mencocokan ketiga (3) partnya yakni, wifi mac-address, bluetooth dan serial number IC Nand / memori, jika ketiganya match di server apple maka harusnya tidak akan masalah saat aktivasi.

Jika memang tidak worth it untuk mengganti sparepart dll, lebih baik tidak perlu diperbaiki karena tidak ada jaminan akan bertahan lama, lebih baik jika anda penggemar iphone untuk membeli di official store agar lebih nyaman saat ada kendala bisa dibantu oleh mereka.

Apakah anda masih punya iphone 5s atau iphone yang tidak bisa diaktivasi ? Silahkan tinggalkan komentar ya.

Wassalam
Hendra Wijaya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top