Cara Buat Short Link dan QR Code Gratis

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 17 November 2020.

Halo selamat siang semua, gimana kabarnya ? semoga kalian sehat selalu ya. Kali ini saya akan share bagaimana cara anda membuat short link dan QR Code secara gratis agar lebih mudah untuk mengakses nya.

Tujuan

Tujuan membuat Short link dan QR Code ini sangat banyak, salah satunya adalah untuk memudahkan user untuk tidak perlu mengetik link yang panjang, atau jika anda mempunyai QR scanner bisa langsung scan saja QR Code nya untuk mengakses sesuatu.

Misalnya anda membuat form feedback di perusahaan anda, jadi yang anda perlukan adalah short link dan QR Code, sehingga pelanggan anda tinggal melakukan scan atau ketik short link nya. Semudah itu.

Langkah-langkah

Short Link

Pertama convert url yang panjang agar menjadi short link, anda bisa gunakan bit.ly untuk melakukan hal ini. Silahkan navigasi ke link ini.

Daftar terlebih dahulu, versi free nya sudah sangat power full. Kemudian klik tombol Create, copy paste link url yang panjang, dan kemudian berikan judul dari link tersebut misalnya test url panjang.

Bit.ly secara otomatis akan melakukan generate random short link, anda bisa melakukan edit sesuai dengan yang anda inginkan. Misalnya kita akan gunakan default yang di berikan oleh bit.ly, sbb : https://bit.ly/38LRqA5

Tes URL Panjang

QR-Code

Kedua, sekarang kita akan melakukan generate QR-Code dari short link nya, navigasi ke situs QR-Code Monkey disini. Copy paste short link yang sudah anda buat sebelumnya, pada tab enter content seperti gambar dibawah ini :

QR Code Monkey

Kemudian klik tombol Create QR-Code jika sudah di generate silahkan download QR-Code nya dengan menekan tombol Download PNG.

Anda juga dapat mengubah warna, memberikan logo dan menggunakan kustom design atau menggunakan design yang sudah disediakan.

Template QR Code

Kesimpulan

Baik, sampai disana cara membuat shortlink dan QR-Code untuk memudahkan user dalam mengakses link tanpa harus melakukan ketikan panjang, tinggal scan saja.

Pada dashboard bit.ly anda juga dapat melakukan tracking berapa banyak di klik / scan, tanggal berapa saja, dari sosisal media atau langsung di scan, dll report ini di sajikan dalam bentuk grafik.

Report Grapich

Semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan jangan sungkan di kolom komentar ya.

Wassalam
Hendra Wijaya

Bagikan ini :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top