Cara melakukan perubahan data E-KTP

Halo selamat pagi, kali ini saya akan share pengalman saya terkait perubahan data di e-ktp, dalam case saya ini yang berubah adalah tanda tangan. Namun demikian perubahan data yang lainnya juga sama saja.

E ktp sample
E-ktp

Tanda Tangan

Perubahan yang paling signifikan salah satu nya adalah perubahan tanda tangan, karena perubahan ini akan berdampak juga kepada perubahan tanda tangan di bank, asuransi dll yang berhubungan dengan legalisasi.

Jadi baiknya anda pikirkan terlebih dahulu dampak nya, jika tanda tangan anda tidak perlu skali untuk dilakukan perubahan, saran saya jangan dilanjutkan, saya sendiri terpaksa merubah tanda tangan karena memang tanda tangan saya yang lama sudah susah sekali saya tiru, atau dengan kata lain lupa.

Persiapan

Sebelumnya saya sudah melakukan kontak dengan kaling (kepala lingkungan) dan minta saran bagaimana caranya ganti tanda tangan e-ktp dan beliau menyarankan datang ke dukcapil. Atas saran beliau saya juga bertanya apakah disana harus mengambil nomor antrean lagi? Di balas dengan link taring dukcapil denpasar.

Untuk link tersebut kita akan lewati saja karena memang tidak bisa melakukan perubahan data melalui online (kecuali cetak ktp rusak, hilang). Kemudian saya coba juga untuk kontak telegram dukcapil dan whatsapp dukcapil, di telegram ternyata diberikan saran agar datang ke dukcapil jam 8.00 – 11.00 Wita untuk pengurusan perubahan data ini.

Berikut adalah isi dari pesan telegram / whatsapp (087860892401):

Mohon yang mendaftar harus dengan yang bersangkutan. ketentuannya adalah 1 pendaftaran dengan 1 akun telegram. Terimakasih
NO KK :
NIK :
NAMA :
DAERAH ASAL : 
PERMOHONAN : REKAM BARU / CETAK ?
Mohon diisi datanya sesuai dengan format pendaftaran. Terimakasih
halaman taring dukcapil

KTP Asli dan KK

Menurut informasi yang saya baca di laman taring dukcapil, untuk perubahan data harus membawa e-ktp asli dan fotocopy kk, jadi sebaiknya anda persiapkan terlebih dahulu keduanya, termasuk data-data yang akan anda ubah pada e-ktp baru nantinya.

Kantor Dukcapil

Jadi jam operasional dukcapil sama seperti plat merah pada umumnya, yakni di hari kita juga bekerja, kalau anda adalah orang yang flexibel dengan jam kerja akan memudahkan anda, jika tidak silahkan ambil cuti atau izin kepada atasan karena memang antreannya cukup lama disini.

Jika anda membawa mobil mestinya anda harus cukup bersabar karena memang agak susah untuk mencari parkir, saya sudah berkeliling dua kali dan baru mendapatkan parkir itu pun diluar gedung, jika anda menggunakan sepeda motor, harusnya lebih mudah.

Gedung dukcapil cukup luas, anda harus bertanya ke pak sekuriti jika ini kali pertama anda ke dukcapil, pintu masuk nya ada di utara depan sekolah persis.

Sign / Tanda Lokasi

Untuk perubahan data e-ktp setelah anda masuk kedalam gedung, nanti nya anda akan melihat tanda / sign seperti halnya tanda jalan, warna nya beragam sesuai dengan keperluan, anda fokus saja dengan sign yang berwarna biru. Yaitu : Layanan kependudukan, layanan pencatatan sipil.

Info lokasi dukcapil
Info lokasi dukcapil

Nomor Antrean

Setelah anda menemukan kios k/ mesin antre di sebelah utara sign, silahkan pilih menu e-ktp pada pojok kanan bawah, jika kesulitan menemukan kios-k silahkan anda bertanya kepada bagian informasi, dan utarakan maksud anda ingin mengubah data e-ktp.

Nomor antrean untuk perubahan data e-ktp adalah dimulai dengan huruf D, dan diikuti nomor antreannya, kebetulan, nomor antrean saya D20, anda bisa menunggu di sofa2 yang sudah disediakan.

Ruang tunggu dukcapil

Kesimpulan

Untuk mengubah data e-ktp anda perlu ke dukcapil dengan mengambil nomor antrean pada loket D, kemudian jika perubahan data nya mayor / banyak mungkin anda akan di minta untuj mengisi form perubahan data. Bawa e-ktp asli yang lama dan kk.

Jika selesai anda bisa lanjut ke bank, atau asuransi jika anda memiliki asuransi untuk mengudate tanda tangan anda disana.

Oh ya ini tidak ada biaya sama skali ya dalam perubahan data e-ktp, dan jika ada pertanyaan silahkan pada kolom komentar ya.

Alamat dukcapil denpasar : Jl. Majapahit No.1, Dauh Puri Kaja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80231

Wassalam

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top