Cara daftar google search console

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 18 August 2020.

Halo selamat malam semua, kali ini saya akan share pengalaman mendaftar google search console.

Pengertian

Google search console merupakan bagian dari ekosistem google yang memungkinkan anda untuk mengukur peforma situs, traffic dan masalah-masalah yang ada didalam situs anda, agar situs anda lebih mudah muncul didalam google search result.

Search Console tools and reports help you measure your site’s Search traffic and performance, fix issues, and make your site shine in Google Search results.

google

Sebelumnya saya sudah memakai google search console dari tahun 2010, tetapi dahulu namanya bukan search console melainkan google webmaster, namun baru kali ini saya akan menulis bagaimana caranya agar situs anda bisa dianalisa dengan tools ini (mohon maaf ya semoga tidak terlambat).

Daftar search console

Langkah awal jika anda sudah membangun sebuah situs baik ber platform wordpress seperti milik saya ini, atau blogspot seperti situs saya yang lain, silahkan anda melakukan pendaftaran menggunakan akun gmail.

  1. Kunjungi situs search console
  2. Klik Start Now
  3. Login menggunakan akun gmail anda

Pada halaman awal, anda diminta untuk memilih property tipe, ada dua property untuk melakukan klaim terhadap domain yang akan anda ukur, yakni :

  1. Domain
  2. URL Prefix
Property select

Verify Ownership

Menurut pengalaman saya, lebih mudah verifikasi domain menggunakan URL prefix, maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan menggunakan sebagai dasar panduan dalam artikel ini.

  1. Pilih URL Prefix
  2. Input situs anda misalnya https://hendrawijaya.net
  3. Klik Continue

Type of Verify

Selanjutnya anda akan diminta untuk melakukan verifikasi domain oleh google, ada beberapa metode antara lain :

  1. HTML File
  2. HTML tag
  3. Google Analytics
  4. Google Tag Manager
  5. Domain Name Provider

Dari kelima metode verifikasi yang paling mudah adalah HTML tag, untuk tiga metode lain seperti google analytic, google tag manager dan domain name provider tidak akan saya bahas disini ya.

Namun untuk google analytic akan langsung otomatis terverifikasi jika anda sudah menggunakan google analytic pada situs anda.

Sedangkan untuk HTML file, anda harus melakuan upload file HTML ke folder public_html / www pada penyedia domain anda. (Langkah ini kita juga akan kita lewati ya).

Verify using HTML tag

Kita akan menggunakan HTML tag, karena ini menurut saya yang paling mudah jika akan menverfikasi situs dengan wordpress platform.

  • Pilih HTML tag
  • Copy HTML tag yang sudah disediakan oleh google
  • Install Plugin Insert header and footer
  • Paste File THML tag tersebut pada bagian Header
  • Klik Save
Plugin insert header footer

Tujuan menggunakan plugin ini adalah agar anda tidak melakukan edit langsung pada file header.php yang berada pada tema anda.

Jadi saat anda ganti tema tidak perlu melakukan update HTML tag. Karena google merekomendasikan tag tetap ada walaupun sudah verify.

Setelah disimpan, langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi pada situs anda dengan cara klik tombol Verify.

verify

Kesimpulan

Setelah melakukan verifiy pada situs anda, akan muncul property anda pada pojok kiri atas dari dashboard search console.

Property search

Silahkan anda pilih property yang akan anda lihat laporannya. Jika anda baru saja melakukan add maka data belum tersedia, google menginformasikan untuk melihat dashboard beberapa hari lagi.

Setidaknya 1×24 Jam setelah anda melakukan pendaftaran pada search console.

Oke sekian dulu untuk pendaftaran dan verifikasi situs pada google search console. Artikel selanjutnya akan saya bahas fitur-fitur pada search console seperti :

  1. Performance
  2. Url Inspection
  3. Sitemap
  4. Core webvital
  5. AMP

Wassalam
Hendra Wijaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *