Cara Menghitung Ongkos Kirim Untuk Toko Online

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 5 November 2020.

Halo selamat sore semua, semoga tetap dalam keadan sehat ya, kali ini saya akan share bagaimana caranya anda dapat menghitung ongkos kirim barang yang anda jual melalui toko online (woocommerce).

Tujuan

Sudah pasti tujuannya adalah memberikan gambaran berapa kira-kira ongkos kirim yang harus di tanggung oleh pembeli jika melakukan pembelanjaan di toko online anda, apalagi jika pembeli anda adalah di luar kota atau pulau.

Misalnya anda menjual papan nama bali, dengan berat 2KG dikirim dari denpasar ke surabaya, berapa ongkos kirim yang harus dibayar oleh pelanggan anda ?

Dalam case diatas, anda perlu sebuah plugin untuk mendukung fungsionalitas woocommerce untuk memunculkan ongkos kirim yang harus dibayar oleh pelanggan anda.

Plugin Ongkos Kirim

Ada beberapa plugin yang dapat anda manfaatkan untuk membantu anda menghitung perkiraan ongkos kirim, plugin tersebut adalah :

  1. Woongkir
  2. Ongkoskirim.id
  3. Indo Ongkir

Woongkir dan ongkoskirim.id merupakan plugin gratis dengan limitasi yang bisa anda manfaatkan agar toko online anda dapat memperkirakan biaya kirim kepada pelanggan.

Woongkir menggunakan API dari rajaongkir.com, API standart dari raja ongkir tidak dipungut biaya, namun dengan limitasi seperti hanya bisa digunakan untuk JNE, sedangkan API untuk yang berbayar (one time) sekitar 500K anda dapat menggunakan selamanya tidak ada renew tahunan.

woongkir plugin by sofyan sitorus

Tentu fungsionalitas dari API yang berbayar dari rajaongkir dapat menjangkau lebih banyak penyedia layanan seperti TIKI JNT, bahkan hingga pengiriman mancanegara.

Ongkoskirim.id menggunakan API yang di kembangkan sendiri, secara limitiasi untuk penggunaan tanpa bayar misalnya hanya di buka JNE REG dan OKE, YES tidak di open oleh okoskirim.id, anda bisa upgrade layanan jika ingin menikmati fasilitas lain.

ongkoskirim.id

Sedangkan untuk Indo Ongkir anda harus membayar sekitar 300K setiap tahun untuk dapat menikmati fasilitas nya termasuk dengan berat volume metrik atau menghitung barang-barang yang bervolume besar.

Indoongkir tidak ada versi gratisnya. Dan ini yang biasa saya gunakan untuk membantu menghitung ongkos kirim. Anda bisa melihat contohnya disini.

Selamat mencoba, jika ada pertanyaan silahkan pada kolom komentar ya.

Wassalam
Hendra Wijaya

Bagikan ini :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top