Cara mudah tukar kartu atm atau paspor bca magstrip dengan chip

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 27 Juli 2020.

Halo selamat sore semua, kalian yang punya paspor atau atm bca lama (magstrip / magnetic) apa sudah ditukar dengan yang terbaru menggunakan teknologi chip ? jika belum berikut adalah cara bagaimana anda menukar dan kenapa anda harus menukar kartu atm magstrip yang lama.

Alasan untuk ganti

Kartu atm dengan magstrip ini (anda bisa baca penjelasan magstrip di sini) memang teknologi yang sudah cukup lama digunakan, dan menurut informasi dari bca.co.id teknologi ini gampang ditiru atau di copy sehingga dapat memudahkan pelaku skimming untuk mencuri informasi pribad (silahkan baca disini untuk penjelasan skimming), untuk atm yang menggunakan chip akan lebih susah di tiru karena teknologinya masih baru / sudah maju. Untuk alasan pertama adalah karena faktor keamanan.

Yang kedua adalah karena bank indonesia sendiri sudah merencanakan akan mengganti semua kartu berbasis magstrip ini ke chip sejak tahun 2015 lalu, sehingga secara bertahap kartu dan merchant nya juga harus di upgrade ke yang lebih baru.

Paspor BCA

Jika sampai tanggal 1 Januari 2022 kalian belum ganti dari magnetik ke chip maka kartu kalian tidak bisa digunakan lagi, ada tenggang waktu sampai dengan tahun 2022 ya, jadi jika kalian punya waktu silahkan ganti kartu atm lama anda dengan yang baru.

Untuk mengganti kartu atm magstrip dengan chip berikut adalah langkah nya :

  1. Datang ke kantor cabang bca terdekat di kota anda
  2. Siapkan KTP dan Kartu / Paspor BCA lama anda
  3. Atau anda bisa kunjungi CS digital / mesin self service di kota yang sudah tersedia
  4. CS digital nya bisa anda lihat disini

Referensi, diakses tanggal 10 Juli 2020 Pukul 18.08 wita :

  1. https://www.bca.co.id/id/edukatips/pasporchip
  2. https://www.kompasiana.com/zanakartuidcard/555ecd9128b0bd650d8b4567/pengertian-magnetic-stripe-card-kartu-magnetik?page=all
  3. https://finansial.bisnis.com/read/20190328/90/905444/mengenal-modus-kejahatan-keuangan-definisi-skimming-phising-dan-vishing

Wassalam
Hendra Wijaya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top