Cara nabung emas otomatis setiap hari

Halo selamat sore semua, kali ini saya akan share pengalaman saya setelah 2 tahun terakhir melakukan investasi dalam instrumen emas.

Yang perlu teman-teman pahami sebelumnya adalah harga emas tidaklah stabil bisa naik dan turun secara fluktuatif, sehingga perlu disadari bahwa menabung tiap hari akan berbeda nilai tukar dari rupiah yang kita tabungkan. Misal harga beli hari ini per gram nya 800k besok bisa 810k.

Harga Emas Fluktuatif

Sebelumnya tahun 2017 waktu itu harga emas 560k per gram, saya sudah menabung emas selama 1 tahun penuh di pegadaian secara online maupun offline (saya ke kantor pegadaian, membawa buku tabungan dan menyetor sejumlah uang tunai) ini saya lakukan di sela jam istirahat kantor.

Kemudian awal tahun 2018 saya mendapati ada salah satu market place memberikan informasi terkait nabung emas dan market place ini juga bekerjasama dengan pegadaian. Karena kemudahan yang diberikan oleh market place dan intregrasi dengan salah satu wallet terbesar di indonesia maka saya berencana akan memindahkan saldo emas pegadaian ke market place.

Cara nabung emas konvensional

Saya datang ke kantor pegadaian untuk memindahkan saldo emas ke market place, namun demikian menurut informasi dari team pegadaian saldo emas saya tidak bisa dipindahkan walaupun di market place bekerjasama dengan pegadaian. Yang saya maksud dengan dipindahkan adalah transfer emas, jadi nomor rekening emas di pegadaian akan mentransfer nomor rekening emas di market place. Dan ini tidak berhasil.

Karena usaha saya juga tidak membuahkan hasil, akhirnya saya memutuskan untuk menjual semua emas saya di pegadaian dan rencana akan saya belikan emas di market place. walaupun dengan resiko ada selisih jual dan beli yang membuat saya loss sekitar 1juta rupiah. Tetapi tidak masalah menurut saya (waktu itu) tetapi sekarang besar juga ya 1jt dimasa pandemi (hahaha), karena saya dapat pengalaman disana dan dapat memberikan kemudahan jika dapat nabung tiap hari secara otomatis dan tentunya saya tidak perlu keluar kantor saat jam istirahat.

Aplikasi untuk nabung emas

Oke, yang perlu teman-teman persiapkan adalah 1 aplikasi untuk menabung emas ini secara otomatis tiap hari, saya yakin kebanyakan dari anda sudah mengistall aplikasinya.

Nama aplikasinya adalah tokopedia, jika belum install silahkan download pada playstore atau app store.

Setelah melakukan pendaftaran, maka masuk kedalam menu keuangan dan pilih emas.

Kemudian scroll kebawah pada layanan emas dan klik langganan. Pilih nominal yg akan anda tabungkan sebagai emas, misalnya 25k, kemudian pilih waktu lembelian emas tiap hari.

Klik mulai berlangganan, setiap sore jam 16.00. Sebelum nya anda harus melakukan verifikasi data diri agar member nya menjadi gold prestige dan melakukan aktivasi pembayaran ovo.

Berbincang dengan Team Research Tokopedia

Beberapa waktu lalu sekitar minggu ke 4 bulan juni 2020, saya mengisi survei terkait fitur keuangan tokopedia yang didalamnya termasuk layanan nabung emas ini, dan ternyata saya terpilih menjadi salah satu orang yang akan di telp oleh team research tokopedia untuk berbincang terkait fitur keuangan.

Bincang-bincang dengan team research tokopedia memakan waktu sekitar 1jam dengan google meet, saya memberikan penjelasan terkait pengalaan saya menggunakan aplikasi tokopedia dan terkhusus fitur keuangan yang diantaranya nabung emas dan reksadana, saya diminta untuk memberikan masukan terkait layanan emas ini yang sudah saya pakai selama 2 tahun lebih.

Tidak bayak yang bisa saya berikan masukan terkait misi emas misalnya, reward yang diberikan menurut saya belum menyentuh lapisan masyarakan umum walaupun ada beberapa reward food yang bisa di redeem di seluruh indonesia seperti kfc dan mcdonals. Kalau bisa menurut saya rewardnya seperti berbentuk gift card berupa ovo point agar dapat di gunakan oleh semua lapisan masyarakat yang sudah ter integrasi dengan ovo.

Selamat menabung dan semoga konsisten yah. Walaupun sedikit lama2 menjadi bukit. Jika ada pertanyaan silahkan bisa dikolom komentar.

Wassalam
Hendra Wijaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.