Cara Pasang Proxy IP Server Pada Cloudflare

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 4 Oktober 2020.

Halo selamat siang semua, kali ini saya akan share bagaimana anda dapat memasang proxy ip server melalui DNS management milik Cloudflare.

Tujuan

Tujuannya adalah untuk menyembunyikan IP utama server anda agar saat dilakukan NS Lookup pada A record tidak akan terbaca IP server yang sebenarnya.

Ide nya adalah saat seseorang ingin melihat IP server sebuah domain maka biasanya digunakan NS lookup pada A record, layanan ini biasaya di sediakan gratis seperti dnschecker.net ataupun dnschecker.org.

Dengan menggunakan fasilitas dari cloudflare IP server anda bisa di hide, sehingga yang ditampilkan adalah IP server milik cloudflare, ini secara teknikal dinamakan sebagai proxy server.

Langkah Seting

Pertama anda harus mempunyai akun cloudflare, silahkan anda register terlebih dahulu. Jika sudah register silahkan tambahkan situs anda dengan klik tombol Add Site.

add site to cloudflare

Masukan alamat situs anda, kemudian klik add site, nantinya anda akan diminta memilih plan yang akan anda gunakan, cloudflare menyediakan beberapa plan dari free hingga $200 per bulan, hal ini yang membedakan fasilitas yang akan anda dapatkan.

Untuk basic proxy server anda tidak perlu membayar terlebih dahulu, anda cukup gunakan free plan dari cloudflare.com, silahkan pilih free plan. Free plan sudah cukup lengkap dengan fitur utama seperti :

Core Features

  • DDoS attack mitigation
  • Global Content Delivery Network
  • Support via email
free plan untuk cloudflare

Setelah pilih free plan kemudian klik tombol comfirm plan dibawah nya, cloudflare akan melakukan scanning current DNS yang anda gunakan sebelumnya, nantinya paa proxy status akan otomatis menjadi proxied. Klik Continue.

Current DNS Setting

Mengganti DNS ke Cloudflare

Kemudian langkah selanjutnya adalah anda harus mengganti DNS default milik anda ke DNS yang sudah di sediakan oleh cloudflare. Tujuannya adalah untuk mengarahkan IP server cloudflare agar bisa di akses melalui domain anda.

Jadi misalnya DNS pada domain anda sebelumnya adalah ns1.domainanda.com dan ns2.domainanda.com kemudian anda diminta untuk merubah ke DNS nya cloudflare misalnya dom.ns.cloudflare.com dan joan.ns.coludflare.com. Atau anda bisa membaca artikel terkait mengganti name server disini.

Setelah anda ubah DNS pada domain anda yang lama ke cloudflare, tunggu hingga propagasi DNS selesai biasanya 2×24 jam tetapi bisa lebih cepat daripada waktu standart nya.

Check A Record

Anda bisa mencoba cek A record anda pada situs https://dnschecker.org/, dan kemudian jika berhasil maka IP yang di resolve adalah milik cloudflare bukan ip server anda sendiri.

DNS A Record Check

Jadi ini bisa lebih aman untuk situs anda dari serangan ddos dan yang lainnya, semoga bermanfaat. Selamat mencoba ya, jika ada yang di perlu di diskusikan silahkan jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah ya.

Wassalam
Hendra Wijaya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top