Cara Reset Password Bios Notebook/Laptop

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 29 Juli 2020.

Pernahkah anda memasukkan password BIOS untuk melindungi komputer anda dari orang jahil ? atau anda pernah diberi laptop/notebook secara cuma-cuma namun anda tidak tahu password bios nya ? Itu bukan hal penting jika anda tidak ingin melakuka install ulang ataupun utak-atik BIOS, namun saat anda perlu dengan BIOS notebook anda, akan menjadi masalah jika anda LUPA dengan passwordnya.

Lupa… lupa…lupa..lupa.. lupa lagi passwordnya.. Nah bagaimana cara untuk menyelesaikan masalah ini ? Pertama, coba ingat-ingat password anda (jika anda yang buat password sendiri) mungkin juga tanggal lahir anda, tanggal lahir pacar anda, atau tanggal lahir tetangga anda, mungkin juga nama kucing anda atau nama kucing tetangga anda, cobalah untuk mengingat-ingat password yang sering anda gunakan.

Kedua, jika cara konvensional tidak berhasil, gunakan cara kedua yakni dengan mereset password bios anda, cara mereset password bios ada banyak, diantaranya dengan menggunakan BACK DOOR PASSWORD! Apa itu Back Door Password ? BDP adalah password default yang merupakan super user yang sudah disediakan oleh vendor notebook atau laptop untuk digunakan sebagai jalan belakang dalam merecover password.

Silahkan download daftar back door password disini, carilah berdasarkan vendor bios atau vendor laptop anda, misalnya AMI BIOS, Phoenix, America Megatrand, dll atau Acer, Toshiba, Dell, dll. Cobalah satu-persatu dari daftar tersebut.

Ketiga, jika cara pertama dan ketiga tidak berhasil, cara ketiga yakni membawa laptop ato notebook anda ke vendor yang bersangkutan agar di reset biosnya. Mungkin anda akan dikenakan biaya reset bios yang berkisar ratusan ribu.

Keempat, sebenarnya ada cara lain yang juga pernah saya coba dan berhasil, cara ini akan saya bahas kemudian hari (Insya Allah).

Wassalam
Hendra Wijaya

2 komentar untuk “Cara Reset Password Bios Notebook/Laptop”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top