Coba alibaba cloud seharga 450 dollar

Halo siang semua, kali ini saya akan share pengalaman untuk coba vps di alibaba cloud, karena sebelumnya saya memang ingin coba vps di hosting yang sekarang ini (saya menggunakan idwebhost btw). namun demikian tidak bisa di trial terlebih dahulu.

Saya coba email ke support idwebhost apakah vps bisa di trial atau tidak, menurut informasi dari team support vps sampai saat ini belum bisa di trial, jadi mesti update terlebih dahulu ke layanan vps.

Sebenarnya ada layanan yang sedikit lebih murah dibawah vps yakni cloud hosting, namun idwebhost belum mempunya layanan ini, cloud hosting sendiri sudah saya coba trial pada cloudways, dan mengambil platform dari digital ocean (ada 5 platform kalo tidak salah), akan saya bahas dikesempatan lain (sementara masih saya susun artikelnya).

Update 9 Agustus 2020, saya sudah menyusun artikel terkait managed cloud hosting WordPress di digital ocean, anda bisa membaca artikelnya disini : coba cloud hosting digital ocean di cloudways.

Pada artikel kali ini saya akan bahas bagaimana anda bisa mendapatkan credit 450 dollar dan mencoba vps atau product apapun asal jangan melebihi limit yang diberikan oleh alibaba.

Daftar

Untuk mendapatkan credit 450 dollar anda harus mendaftar terlebih dahulu ke alibaba cloud.

Silahkan anda kunjungi link ini : https://account.alibabacloud.com/register/intl_register.htm

Isikan semua data yang diminta, termasuk email anda yang valid untuk activasi.

Aktivasi email

Setelah anda register silahkan check inbox email, kemudian klik activasi account yang dikirim oleh alibaba.

Klaim 450 dollar

Setelah anda activasi email, langkah selanjutnya adalah login ke console alibaba. Caranya adalah sebagai berikut :

Didalam message nantinya anda diinformasikan agar melakukan klaim kredit sebesar 450 dolar untuk individu dan 1200 dolar untuk perusahaan selama 12 bulan penuh :

Individual Account users are eligible for a free trial worth up to $450 for 40+ products and up to 12 months usage for our Cloud Servers.

  • Kemudian klik pada tombol verify and add payment method

Anda akan diminta untuk memasukan kartu kredit, atau paypal, saya sendiri menggunakan kartu kredit untuk melakukan verifikasi dan menambah metode payment.

basic information

Aktivasi kartu kredit

Setelah anda submit data kartu kredit ke server alibaba, layanan free trial anda akan aktive dengan sendirinya, sekarang anda dapat mencoba ecs atau vps milik alibaba ini selama 12 bulan. atau layanan lain yang senilai 450 dollar.

individual account
  • Setelah anda mengisi basic information dan payment method
  • Klik submit
submit basic information and payment method
  • Jika sudah berhasil nantinya akan ada pesan “Success!”
success message

Setelah sukses kembali ke dashboard consule dan anda bisa melihat layanan apa saja yang ditawarkan oleh alibaba.

welcome message

Pilih ECS

ECS itu kepanjangannya Elastic Compute Service, ini semacam vps yang maksudnya bisa discalable dengan mudah (elastic), untuk trial 12 bulan kita dapat 1Gb ram, 1 Core Processor dan 40GB SSD.

ecs single core

Ada ecs yang spesifikasi lebih tinggi seperti 2GB dan 2 Core CPU hanya free trial 3 Bulan saja.

Sementara saya pilih yang 12 bulan dengan 1GB ram dan 1Core beserta 40GB SSD.

ECS basic 1
  • Klik Try Now

Selanjutnya anda akan diminta untuk memilih data center region, Disk, dan Operting System

ECS Data center and OS

Data Center Alibaba

Alibaba cloud sebenarnya banyak sekali memiliki data center anda bisa memilih region mana saja yang disediakan, tapi biasanya untuk testing lebih baik milih region yang dekat misalnya jakarta atau singapura.

data center alibaba

Pilih image os

Karena saya akan mencoba vps ini hanya untuk hosting wp, maka saya pilih Data Center yang paling dekat yakni region : Indonesia (Jakarta).

Btw, alibaba sudah punya DC di Indonesia, sama seperti GCP (Google Cloud Platform) yang baru-baru ini juga punya DC di Jakarta.

Pilih Disk : 40GB SSD dan OS nya langsung pilih WordPress, maksudnya sudah terinstall wp, dan lampp. OS nya menggunakan ubuntu linux.

Sebenarnya nanti anda bisa install ulang SSD nya menggunakan Image (banyak Os dan kombinasi aplikasi) di market place dengan biaya 0 dollar, tapi karena sudah disediakan pada menu pilihan OS anda pilih saja disana.

Setup password

Anda akan diminta untuk input password dari vps, silahkan input password dengan kombinasi hurus besar, huruf kecil dan simbol.

Jika sudah selesai, silahkan tunggu sekitar 3-5 menit agar vps anda di buat oleh system beserta dengan OS yang sudah anda pilih sebelumnya.

Hasil nya adalah sebagai berikut :

vps ready

Connect ecs

Untuk melakukan configurasi pada vps anda, silahkan klik tombol Connect pada basic informastion.

Akan muncul vnc password, password ini anda save terlebih dahulu, setiap membuka virtual connection ke vps anda, nantinya password ini akan digunakan.

vnc auth

Setelah berhasil login ke vnc, anda langsung dapat melihat vps anda dalam mode cli, silahkan masukan username dan password yang sudah anda buat sebelumnya saat deploy vps.

root login

OS nya memang sdh out of date karena menggunakan ubuntu server 16, sekarang sudah versi 20, tapi seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, anda bisa ubah os anda sesuai yang anda inginkan.

Deploy WordPress dan tambah rules

Untuk melakukan deploy wp, anda perlu menambah role untuk dapat di akses port http dan https, jika role ini belum di allow wp anda tidak bisa di deploy.

Karena secara default port http dan httpsnya di disable, berikut langkah untuk membuka port tersebut :

  • Klik Security Group Rules
  • Pada pojok kanan klik Quick Roles Creation
add rules http and https
  • Rule Direction : Inbound
  • Action : Allow
  • Commond Port : Centang HTTP dan HTTPS
  • Common port range : TCP
  • Priority : 1
  • Authorization Type : IPv4
  • Autorization object : 0.0.0.0/0
  • Klik OK

Silahkan akses IP Publik vps anda di browser dan lakukan installasi wordpress seperti biasa. Pada dashboard ECS ditulis dengan nama IP Internet.

Jika anda tidak bisa menginstall WordPress karena tidak tahu password mysql, anda bisa install ulang mysql nya terlebih dahulu.

Berikut adalah link dimana saya menempatkan file wordpress di alibaba cloud. http://149.129.232.143/

Kesimpulan

ECS ini unmanaged jadi anda harus punya basic skill untuk install dan configurasi server, seperti ftp dll.

Sementara ip public belum saya pointing ke domain, dan anda bisa gunakan apapun selain sebagai hosting wp, karena pada dasarnya vps ini adalah yang anda sewa, silahkan dimaksimalkan ya, saya contohkan hanya sebatas untuk hosting wp. Dan jika ada pertanyaan silahkan dikolom komentar ya.

Wassalam
Hendra Wijaya

2 thoughts on “Coba alibaba cloud seharga 450 dollar”

  1. Mantap info nya gan, boleh coba juga ni vps nya Alibaba. Oh iyaa gan ip address nya jika Kita hosting nya pake domain gratisan dari wp apakah bisa di pointing juga pake nama blog nya Kita gan …. ? Thank u

    1. Halo pxh,

      Sub domain dari wordpress.com itu kita tidak bs akses dns dll. Hanya di fasilitasi untuk blogging.

      Jika upgrade ke layanan mereka misalnya sewa 1 tahun dan beli domain di wordpress.com kemungkinan besar diberikan akses ke manage dns jd bisa tambah A record ke dns nya.

      Hosting di cloud alibaba ini namanya self hosting yg di gagas oleh wordpress.org bukan wordpress.com.

      Semoga dapat dipahami.

      Suksme

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.