Ini peralatan untuk membuat secangkir kopi hitam

Halo selamat siang semua, saya akan share peralatan (tempur) apa saja yang digunakan untuk menghasilkan secangkir kopi hitam yang nikmat. Konon menurut para kopi antusias proses penyeduhan kopi merupakan nikmat yang lain disamping rasa kopi itu sendiri.

Berdasarkan puluhan manfaat kopi hitam bagi tubuh kita yang bisa anda baca disini, lebih menyenangkan jika anda dapat menyeduh kopi kesukaan anda setiap hari dengan peralatan sendiri, disamping tidak di buru waktu (bisa kapan saja) dan anda akan lebih ahli dalam meracik kopi yang sesuai dengan taste lidah anda sendiri.

Oh ya yang perlu digaris bawahi saya bukan ahli kopi, cuma penikmat kopi yang terjebak dalam nikmat nya ritual tiap hari dari menyeduh kopi hitam itu sendiri (halah), jadi berikut ini adalah peralatan untuk membuat secangkir kopi hitam.

Grinder

  • Grinder kopi, alat penggiling kopi ini harus anda miliki karena kopi yang akan kita minum adalah kopi fresh yang sudah di roasting. Grinder kopi ini harganya kisaran 150-800k untuk yang standart.

Dripper

  • Dripper, dripper adalah penyaring kopi yang biasanya digunakan bersama dengan paper filter atau kertas filter, dripper yang biasa dipakai adalah v60 atau kalita bottom flat 155, cari yang untuk 1 sampai 2 cup sudah cukup.

Coffee Burner dan Kettle

  • Coffee Burner dan Kettle, kompor kopi dan kettle bisa anda manfaat kan untuk memanaskan air sekaligus untuk menuang air kedalam kopi yang sudah di giling sebelumnya. Anda dapat menggukan kompor biasa dan kettle biasa.

Scale atau Timbangan

  • Scale atau timbangan, ini untk manakar kopi dan berat air saat dituang, biasanya kopi menggunakan rasio 1:18 atau 1:15 artinya setiap 10gram kopi airnya adalah 180ml atau 150ml tergantung selera.

Bij kopi dan Paper filter

  • Yang terakhir adalah biji kopi itu sendiri serta paper filter, usahakan pilih biji kopi yang berkualitas, atau biji kopi yang terkenal di daerah anda, biasanya biji kopi dinamakan dengan asal daerahnya, misalnya : Bali Kintamani, artinya biji kopi ini dari bali dan khusus nya dari daerah Kintamani.

Kesimpulan

Yang utama dari peralatan kopi adalah grinder, dripper, paper filter dan kopi itu sendiri, alat2 yang lain mungkin anda tidak perlu untuk membelinya terlebih dahulu jika anda masih coba-coba untuk meminum kopi hitam dengan cara ini, atau anda bisa lihat artikel saya cara ngopi fresh tiap hari disini. Jika anda sudah mulai menikmati ritualnya silahkan di upgrade ke alat yang lebih baik.

Berikut adalah peralatan yang saya gunakan :

  • Kopi bali kintamani 10Gram
  • Air 90derajat 150ml
  • Paper filter kalita 155
  • Dripper kalita 155 bottom flat
  • Grinder Rhinowares compact

Untuk traveler saya sarankan untuk menggunakan alat all in one dari cafflano, karena saya sudah memakai nya selama kurang lebih 2 tahun dan tidak ada masalah, silahkan lihat disini.

Wasalam

Hendra Wijaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.