Membuat Aplikasi Android dan IOS Tanpa Coding

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 21 September 2020.

Halo selamat sore semua, kali ini saya akan share pengalaman saya mencoba aplikasi builder justapp.id untuk membuat sebuah aplikasi berbasis android dan ios.

Aplikasi Sejenis

Tahun 2014 lalu saya coba untuk menggunakan aplikasi sejenis untuk membangun sebuah aplikasi android yang sebenarnya itu adalah native android untuk menampilkan isi halaman website dengan bantuan web app viewer, nama aplikasinya appgeyser (app geser) lah ya, pokoknya geser2 saja.

Aplikasi ini juga saya sudah coba (apk) nya untuk di submit ke google playstore dan berhasil.

Justapp.id

Namun kali ini saya akan coba aplikasi builder yang bernama justapp.id dimana aplikasi ini menawarkan beberapa paket untuk berlangganan selama 1 tahun.

Jadi anda tidak bisa melakukan uji coba sebelum anda membeli paket aplikasi builder ini, harga paling murah adalah 99K – 1500K. Dan saya mencoba yang paling murah bernama paket student.

harga berlangganan justapp.id

Pada paket tersebut (student) jumlah project aplikasi yang bisa didevelop adalah sebanyak 10 aplikasi. Bisa generate APK, appbuilder dan viewer, analytic tracking, QR-Code, Mailing list, promotion pop-up dan bisa Monitization.

Namun pada paket sutdent untuk mendapatkan APK anda harus menghubungi admin via WA terlebih dahulu. Nanti saya akan update bagaimana mekanismenya di berikan APK jika saya sudah selesai built aplikasinya dan info ke admin justapp.id via WA.

Langkah Memulai

OKE, jadi berikut ini adalah langkah-langkah yang sudah saya coba untuk daftar pada aplikasi builder ini. Pertama saya melakukan pemilihan paket studen kemudian mengisi data diri, pembayarn hanya bisa menggunakan BCA dan Mandiri dengan transfer manual.

jumlah yang harus dibayar pada justapp.id

Nantinya akan ada notifikasi by email dan whatsapp ke nomor yang sudah anda daftarkan, dimana tujuannya menginformasikan jumlah nominal dan nomor rekening untuk pembayaran.

Setelah anda melakukan transfer sesuai dengan jumlah yang sudah di tentukan oleh justapp.id, nantinya anda akan dikirimkan username (email anda) dan password untuk dapat melakukan login pada situs justapp.id.

Dashboard Utama

Pada dashboard anda nantinya akan muncul 1 aplikasi welcome app yang secara otomatis terbentuk saat anda melakukan login pertama kali, welcome app tidak mengurangi jumlah quota aplikasi anda yang 10 itu.

dashboard utama justapp.id

Silahkan anda create aplikasi pertama anda (create a new application) dengan nama misalnya aplikasi1 (ini bisa direname nantinya) kemudian klik crate app.

Setelah anda create silahkan masuk kedalam dashboard manage aplikasi. Disini adalah dashboard dimana nantinya anda akan melakukan developing aplikasi anda.

managed dashboard justapp.id

Terdapat beberapa urutan pembuatan aplikasi yang disediakan oleh justapp.id, jika anda merasa awam saya sarankan untuk mencoba-coba saja terlebih dahulu nantinya anda akan terbiasa.

Urutan dari pembuatan adalah Design, Color, Feature, Application dan Publication.

Design

Design, pada tahap ini anda diminta untuk memilih design atau membuat design anda sendiri, ada beberapa template yang sudah disediakan oleh justapp.id. Anda bisa memilih template nya, namun demikian pada paket student template premium nya tidak disediakan.

standart design justapp.id

Ada sekitar 20 template design yang bisa anda gunakan untuk membangun aplikasi android dan ios anda.

Setelah memilih template anda juga akan memilih layout dari aplikasi yang akan anda develop, ada sekitar 10 layout yang bisa anda pilih dari mode taxy sampai bisnis.

layout standard justapp.id

Colors

Untuk warna tidak perlu saya bahas terlalu panjang ya karena ini hanya sebatas untuk memberikan warna pada text, background, button dll, namun ini juga sangat penting untuk anda perhatikan karena masalah UI bisa dilhat juga dari kombinasi warna yang baik.

choosing colors justapp.id

Features

Ini adalah bagian yang cukup penting, karena setelah anda memilih template dan layout, maka anda perlu menambahkan feature atau fungsi2 apa saja yang dapat dilakukan oleh aplikasi yang sedang anda bangun.

Terdapat banyak feature yang populer seperti misalnya woocomerces, shopify, wordpress, magento, push notification, coupon, catalog, dll.

features justapp.id

Jadi anda tinggal drag and drop saja feature yang tersedia, kemudian tentunya anda harus melakukan setting tiap feature yang anda akan tampilkan kedalam aplikasi anda.

Misalnya feature link, dimana kita bisa membuka native brower pada aplikasi yang kita built, jadi perlu ditambahkan 1 feature link kemudian kita setup seperti ini.

feature link pada justapp.id

Applications

Pada menu ini anda diminta untuk melakukan setup standard seperti icon yang anda gunakan, notifikasi nya akan bagaimana untuk dilihat pada HP user dll.

applications setup justapp.id

Publications

Untuk menu ini adalah perparation untuk aplikasi anda agar bisa di built dalam bentuk apk dan ios, jadi anda perlu mengisikan beberapa informasi terkait nama aplikasi, deskripsi dll.

publication justapp.id

Disamping nama aplikasi dan deskripsinya, ada opsi untuk menguangkan aplikasi anda dengan layanan admob dari google, mekanisme bagi hasilnya saya tidak bahas disini ya. Anda bisa langsung baca pada artikel ini.

admob justapp.id

Kesimpulan

Untuk membuat aplikasi android sederhana menurut saya justapp.id perlu anda coba jika anda tidak terlalu mahir dalam pengembangan aplikasi berbasis android dan ios. Karena ini memang tidak memerlukan coding sama sekali.

contoh aplikasi yang sudah saya coba

Artikel ini saya akan update bertahap ya, karena saya belum selesai untuk built aplikasi hingga dapat apk dan saya submit sendiri ke google play store. Tetapi jika anda penasaran silahkan join saja ke justapp.id dengan 99K saja.

Wassalam
Hendra Wijaya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top