Belajar swift : Memulai swift

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 27 Juli 2020.

Halo selamat pagi semua, kali ini saya akan share pengalaman pertama saya menggunakan bahasa pemrograman baru, sebelumnya saya hanya (bisa) menggunakan bahasa pemrograman vb (visual basic), tepatnya Vb.Net. Sekarang ini saya akan mencoba bahasa pemrograman Swift yang dikembangkan oleh Apple.

Swift digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis IOS, Mac, Apple watch dan Apple TV, sebagai informasi apple sebenarnya sebelumnya juga menggunakan bahasa objective – C untuk mengembangkan aplikasinya

Menurut informasi juga bahwa sebenarna swift sudah dikembangkan sejak tahun 2010 dan baru dirilis resmi oleh Apple pada tahun 2014 pada ajang tahunan Apple WWDC (Worldwide Developer Conference). (Silahkan lihat disini, diakses tanggal 6 Juni 2017, jam 5.50 Wita)

Berikut adalah beberapa keunggulan bahasa pemrograman swift : Praktis/Mudah karena lebih sedikit menggunakan sintak dibanding obj-c, lebih aman untuk management memory. (silahkan lihat disini, diakses tanggal 6 Juni 2017, Jam 6.03 Wita).

Untuk memulai menggunakan swift berikut adalah langkah-langkahnya :

Update Juli 2020 :

  • Download Xcode pada AppStore (Besarnya kisaran 4.5GB, pastikan koneksi internet anda lancar), sekarang file nya sebesar 8Gb jadi pastikan anda download menggunakan wifi.
  • Buka applikasi Xcode

Pada tahap awal untuk lebih mudah anda memahami bahasa pemrograman swift, anda disarankan untuk memulainya dengan playground, playground adalah sejenis area bermain anda yang nantinya coding apapun yang anda tuliskan disana akan langsung ditampilkan pada sisi kanan secara live.

Sampai disini dulu ya, setelah ini saya akan membahas variabel, konstanta dan tipe data pada swift.

Baca : Belajar programming dengan swift : Konstanta, variabel dan tipe data dalam swift

Wassalam
Hendra Wijaya

5 komentar untuk “Belajar swift : Memulai swift”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top