Bersertifikat : Cara mudah ikut kursus gratis dari google

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 10 Agustus 2020.

Halo selamat malam semua, kali ini saya akan share pengalaman saya mengikuti khursus online dari google yang dimana dalam kursus tersebut kita akan mendapat sertifikat secara gratis dari THE OPEN UNIVERSITY.

The Open University

Ya tidak salah baca, gratis, GRATIS. Tentunya anda bersemangat kan kalau melihat dan mendengar kata ini. GRATIS. Oke silahkan anda baca-baca terlebih dahulu terkait THE OPEN UNIVERSITY sebelum saya lanjutkan curhatan saya terkait bagaimana cara daftar, ikut kursus dan menyelesaikan beberapa QUIZ.

Sebelumnya saya mengikuti/berlangganan email dan newsletter dari google playstore terkait informasi yang mungkin berguna bagi saya dan bagi pengembangan apps atau issue terkait regulasi baru dari apps yang sudah kita upload ke google playstore. Disana saya menemukan beberapa link untuk belajar digital secara online kemudian saya klik link tersebut.

Memulai Daftar Learning

OKE, nama learningnya adalah GOOGLE DIGITAL GARAGE anda bisa klik link berikut ini untuk mendaftarkan : https://learndigital.withgoogle.com/digitalgarage. Setelah anda mendaftar dengan akun gmail pada halaman awal anda akan melihat menu : My Learning Plan, Online Course, Webinars, Remote Working, Certification, dll.

My Learing plan adalah tracking learing apa saja yang sedang anda ikuti, online course adalah database course / kursus yang disediakan oleh google garage ada sekitar 136 kursus gratis, dan ada juga yang bersertifikat.

Remote working adalah penjelasan dimana anda bisa bekerja dari rumah atau bisa bekerja dari mana saja menggunakan fasilitas google. Menu yang lain bisa anda pelajari sendiri yah.

Sertifikat Gratis Dari Google

Jadi kita masuk ke inti dari artikel ini adalah terkait kursus yang mendapatkan sertifikat, di menu online course ada judul course : FUNDAMENTALS OF DIGITAL MARKETING dengan badge “INCLUDES CERTIFICATIONS”.

Kursus ini membahas fundamental digital marketing seperti apa itu digital marketing, kenapa kita perlu memahami konsep digital marketing, bagaimana membuat bisnis kita menjadi online, apa yang unik dari bisnis kita sehingga bisa bersaing secara online.

fundamental_of_digital_marketing

Dan tentunya aspek-aspek teknis lainnya seperti SEO, SEM, hosting, server, dll yang bisa anda ambil manfaat nya saat kursus berlangsung untuk menambah wawasan anda dari sisi teknis, sehingga anda paham terkait sisi non teknis dan sisi teknis nya terhadapa kursus fundamentals ini.

Jumlah Module

Didalam nya terdapat 26 MODULE dan diperkirakan dipelajari selama 40Jam, atau jika anda sehari meluangkan waktu 1jam maka kursus akan berakhir selama 40 Hari, dalam 40 Hari kedepan saya yakin anda akan menjadi orang yang berbeda karena sudah dibekali dengan ilmu baru dalam FUNDAMENTALS OF DIGITAL MARKETING.

Jumlah Lesson

Setiap module terdapat beberapa lesson, ada yang 3 bahkan ada yang 6 lesson. Setiap lesson anda akan diberikan penjelasan melalui video dan akan diberikan test untuk setiap sesinya, di akhir sesi anda akan dihadapkan dengan QUIZ yang dimana pertanyaan nya adalah rangkuman dari pada lesson yang sudah anda pelajari.

Saran saya akan meluangkan waktu full utuk setiap module agar bisa menjawab QUIZ dengan tepat, boleh saja anda split lesson di next day tapi biasanya ada yang lupa terkait lesson sebelumnya bahas detail apa, jadi saran saya per module di luangkan waktu untuk bisa selesai.

Kesimpulan

Selamat belajar, dan selamat mencoba, banyak kursus-kursus lain di dalam google garage yang anda bisa pelajari selain yang bersertifikat dan tidak terbatas dari sisi IT, tetapi banyak juga dari sisi pengembangan diri.

Jika anda kesulitan dengan bahasa inggris yang digunakan seperti saya juga kesulitan maka anda harus berusaha lebih keras lagi seperti saya, karena hal ini juga bermanfaat agar bahasa inggris kita bisa improve.

Jika ada difficult word anda bisa gunakan google translate untuk memudahkan anda memahami makna sebenarnya dari kalimat yang diucapkan. Jangan lupa untuk mengaktive kan CC pada video anda untuk generate otomatis subtitle nya dalam bahasa inggris jika anda tidak begitu paham dengan perkataannya anda bisa baca text nya.

Wassalam
Hendra Wijaya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top