Mudahnya Deploy Aplikasi Pada Cloudways

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 19 September 2020.

Halo selamat pagi semua, kali ini saya akan share bagaimana cara anda melakukan deploy aplikasi pada managed cloud hosting cloudways.

Jika anda belum berkenalan dengan cloudways, silahkan anda baiknya membaca artikel saya yang secara detail membahas managed cloud hosting cloudways.

Catatan : Pada halaman blog ini, khususnya yang membahas terkait cloudways, ada link reveral yang saya berikan, jika anda mendaftar dengan link tersebut, anda akan mendapatkan diskon sebesar $15 sedangkan saya akan mendapatkan bonus reveral sebesar $20.

Banyak Aplikasi

Jadi jika dalam server anda memiliki banyak aplikasi (wordpress, laravel, prestashop, magento, php kustom, prestropress, dll) anda ingin menambahkan aplikasi lain, misalnya php kustom, caranya sangat mudah.

Langkah Deploy Aplikasi

Pertama anda login ke dashbaord cloudways, kemudian navigasi ke tab application, klik pada tombol create application.

add application

Langkah selanjutnya anda diminta untuk memilih di server mana aplikasi ini akan di develop, jadi kalau anda memiliki lebih dari 1 server silahkan pilih pada form ini server mana yang akan digunakan. Klik Add Application.

pemilihan server

Langkah selanjutnya anda diminta untuk memilih jenis aplikasi, nama aplikasi, dan aplikasi ini termasuk pada project mana saja, mungkin anda bisa memiliki banyak project yang didalamnya terdapat banyak aplikasi.

Memilih Jenis Aplikasi

Karena kita akan mendeploy kustom php, maka plilih custom app, berikan nama aplikasi sesuai dengan nama domain (agar memudahkan kita), kemudian anda pilih juga aplikasi nya masuk ke project mana (dalam case ini saya menggunakan nama project nya hendra-project).

Setelah semua terisi, kemudian anda tinggal klik add aplication.

pemilihan aplikasi dan nama aplikasi

Server akan mendeploy aplikasi anda dengan waktu berkisar 2-3 menit, jadi anda tunggu hingga proses nya benar-benar selesai.

proses deploy aplikasi

Jika sudah selesai, aplikasi yang baru saja anda deploy akan diberikan sub domain oleh cloudways dengan random sesuai dengan nama aplikasi yang anda buat.

Navigasi ke tab aplikasi, dan klik nama aplikasi yang telah anda buat sebelumnya, pada box akses detail ini akan diberikan url (sementara) dari aplikasi anda, dan username password database.

akses detail default dari aplikasi

Setup Domain Pointing

Langkah selanjutnya adalah melakukan pointing ke subdomain yang sudah dibuat oleh cloudways menggunakan nama domain anda.

Pastikan domain anda sudah diseting A record pada ip server yang telah anda gunakan pada cloudways.

tambah a record

Jika anda menggunakan cloudflare untuk DNS anda, silahkan login ke cloudflare, kemudian pastikan A record anda sudah mangarah ke server anda yang ada di cloudways.

a record pada cloudflare

Navigasi pada domain management, pada text primary domain, tambahkan domain anda, dan klik save change.

domain management

Install SSL Pada Domain

Setelah domain anda di pointing, langkah selanjutnya adalah instllasi SSL, ini digunakan agar protocol HTTPS pada situs anda dapat digunakan.

Cloudways sudah menyediakan SSL gratis dari let’s encrypt, anda bisa memanfaatkan nya untuk domain anda.

Navigasi ke SSL Certificate, Isikan email anda dan nama domain anda, jika anda memiliki sub domain misalnya, blog.domain.com, isikan juga sub domain anda dengan klik add domain.

Jika sudah yakin, silahkan klik Install Certificate.

install ssl domain dan sub domain

Selanjutnya anda diminta konfirmasi untuk redirect semua domain anda yang diawali dengan http ke https, pilih Enable HTTPS.

redirect https

Coba Akses Domain

Sekarang anda bisa akses domain anda, seharusnya sudah muncul halaman default dari custom php pada cloudways.

halaman awal php kustom

Anda tinggal upload file-file php milik anda menggunakan ftp client yang sudah disediakan.

Kesimpulan

Mendeploy aplikasi pada managed cloud hosting cloudways sangat mudah, anda tidak perlu menjadi expert linux untuk dapat fokus pada konten yang anda kembangkan.

Next artikel saya akan bahas bagaimana anda membuat staging aplikasi dan clone aplikasi. Untuk memudahkan proses developing aplikasi yang anda kerjakan tanpa mengganggu aplikasi yang sudah live.

Dan ini semua hanya dilakukan dengan klak klik saja. Jika anda akan ingin lebih fokus pada konten situs anda, saya sangat merekomendasikan agar di host pada cloudways.

Silahkan anda baca secara lengkap artikel terkait managed cloud hosting cloudways.

Jika ada pertanyaan silahkan jangan sungkan dikolom komentar ya.

Wassalam
Hendra Wijaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *