Cara Menampilkan Widget Melayang atau Sticky Widget Pada WordPress

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 19 September 2020.

Halo selamat siang semua, kali ini saya akan share tips mudah untuk menampilkan widget pada wordpress anda agar mengikuti artikel yang sedang dibaca oleh user.

Use Case

Jadi misalnya anda mempunya widget disamping kanan dan kiri anda, namun demikian artikel yang anda tulis pada blog anda cukup panjang, sehingga widget yang berada pada kanan kiri anda saat user melakukan scroll kebawah tidak ikut kebawah juga.

Jika widget anda berisi informasi yang cukup penting misalnya iklan atau widget untuk berlangganan email atau widget untuk mempromosikan artikel anda yang populer dll.

Maka widget melayang atau styki widged ini sangat krusial buat anda.

Langkah Install

Berikut adalah langkah nya, pertama anda download terlebih dahulu plugin di yang bernama (agak aneh ni) Q2W3 Fixed Widget. Setelah anda download kemudian install plugin tersebut.

Navigasi ke menu plugin kemudian cari Q2W3 Fixed Widget dan klik setting.

fixed widget options

Anda bisa seting margin top dan margin bottom nya, pada case di blog saya, tinggi footer nya adalah 60px jadi saya tambahkan 5px agar margin bottom nya tidak sampai menghalangi footer di blog saya. Total nya jadi 65px.

widget bottom 65px

Anda bisa setup sesuai dengan blog dan situs anda, coba margin bottom dan top nya jangan sampai menghalangi footer dari blog anda.

OKE, sementara anda gunakan settingan default terlebih dahulu yakni 10px, nanti bisa di seting belakangan setelah contoh widget anda diseting.

Seting Pada Widget

Sekarang navigasi ke menu widget, cari widget anda dan disana nantinya ada salah satu fitur check box untuk di seting widget tersebut akan sticky / melayang atau tidak.

fixed widget

Berikan centang pada fixed widget jika anda ingin widget anda fix mengikuti panjang artikel saat user melakuka scroll pada postingan.

styki widget pada wordpress

Kesimpulan

Dengan memanfaatkan plugin ini anda dapat memberi informasi kepada user blog anda apa yang ingin anda sampaikan terkait widget disebelah kanan atau kiri agar lebih effective.

Plugin ini hanya berlaku pada desktop mode, jika user menggunakan mobile phone, maka widget akan berfungsi normal seperti biasa.

Karena blog saya menggunakan framework amp maka widget ini tidak akan bisa anda lihat saat anda mengakes pada mobile phone. Fungsi floating widget ini sudah ada pada 40 extention milik ampforwp.

Wassalam
Hendra Wijaya

Bagikan ini :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top