Cara Transaksi Dengan WhatsApp Di Toko Online

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 12 Oktober 2020.

Halo selamat pagi semua, kali ini saya akan share bagaimana toko online anda bisa mengkonversi calon pelanggan anda untuk bertransaksi melalui WhatsApp.

Karena memang kebiasaan orang Indonesia lebih nyaman untuk bertanya terlebih dahulu terkait produk-produk yang di jual online, dan karena pengguna whatsapp banyak di Indonesia, akan lebih efektive dilakukan via whatsapp.

Memang, secara flow tidak mudah untuk bertransaksi lewat WhatsApp karena flow dasar dari toko online yang sudah kita bangun sebelumnya melalui shipping gateway dan payment gateway.

Oh ya, jika anda belum mengetahui tentang fundamentals e-commerce / dasar toko online, anda bisa membaca artikel saya disini.

Langkah-Langkah

Baik, yang perlu anda lakukan untuk mengakomodir kebutuhan calon pelanggan anda adalah menginstall plugin yang bisa ter integrasi dengan produk dan halaman yang anda akan berikan tautan untuk di arahkan ke chat whatsapp agar calon pelanggan anda bisa bertanya atau bahkan bertransaksi langsung via chat.

oneclick chat to order by Walter Pinem

Pertama, download plugin nya terlebih dahulu di wordpress.org, nama plugin nya adalah “OneClick chat to Order“, plugin ini dibuat oleh anak bangsa untuk mengakomodir kebutuhan masyarakan Indonesia. Jadi silahkan isntall adan aktivekan pluginya.

Menu WhatsApp Order

Setelah anda install pluginnya, nantinya ada beberapa menu atau fitur sebagai berikut :

menu oneclick chat to order
  • Basic, beriksi informasi nomor whatsapp yang akan digunakan, tombol whatsapp pada single produk, dan informasi lainnya.
  • Floating, untuk menampilkan button whatsapp melayang pada pojok kanan bawa atau kiri bawah.
  • Opsi tampilan, untuk mengatur apakah tombol tambah ke keranjang akan diganti dengan tombol whatsapp, menghilangkan qty pesanan, dll.
  • Shop, opsi untuk menampilkan tombol whatsapp pada halaman shop.
  • Cart, opsi untuk menampilkan tombol whatsapp pada halaman cart, atau mengganti tombol proses to checkout dengan tombol whatsapp.
  • Checkout, mengganti tombol buat pesanan atau checkout dengan tombol whatsapp, ini akan mem bypass payment gateway dan shipping gateway.
  • Shortcut, ini digunakan untuk menampilkan tombol whatsapp pada halaman selain pada point-point diatas, misalnya pada halaman blog atau halaman tertentu.

Ini adalah salah satu contoh seting pada checkout, jadi saat selesai transaksi akan diberikan informasi tambahan untuk melakukan send detail pesanan ke nomor admin dari toko online anda.

checkout notification dengan wa

Kesimpulan

Jadi, silahkan anda gunakan fasilitas plugin ini untuk melakukan lebih banyak konversi pada toko online anda, sehingga calon pelanggan anda dapat dengan mudah berkomunikasi melalui whatsapp jika ada produk yang ingin ditanyakan.

Selamat mencoba.

Wassalam
Hendra Wijaya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top