Ini Dasar Membangun Toko Online Dengan WordPress

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 12 Oktober 2020.

Halo selamat siang semua, maaf ini baru sempat nulis di blog lagi setelah beberapa hari, karena memang kantor saya sekarang masuk nya sudah 5 hari bukan 3 hari lagi, jadi saya banyak mengerjakan tugas-tugas kantor.

Kali ini saya akan share apa saja yang dibutuhkan untuk membuat toko online menggunakan WordPress. Iya, WordPress sudah seperti yang kita ketahui bersama, telah bertransformasi tidak hanya untuk tujan blogging, lebih jauh WordPress juga dapat diextend fungsionalitasnya menggunakan plugin dan di transformasikan menjadi toko online yang professional.

Sebelum melangkah lebih jauh terkait konten dan cara pemasaran (digital marketing) yang lumayan menguras energi dan pikiran, saya akan berikan beberapa fundamentals / dasar untuk anda bisa membangun toko online anda sendiri.

Apalagi zaman sekarang semua sudah bertransisi sedikit demi sedikit dari offline ke online, online sebagai salah satu omni channel dalam ekosistem retail sangat penting menurut saya. Jadi jika anda sudah mempunyai toko offline mau tidak mau harus naik ke next level menggunakan teknologi untuk menjangkau lebih banyak kustomer.

Marketplace

Jika dirasa nantinya membangun sebuah toko online sendiri memerlukan effort yang besar, anda bisa memulainya dengan membangun di market place seperti tokopedia atau shopee atau bukalapak, karena marketplace adalah sebuaf platform as a services (paas) yang dimana anda tidak perlu membangun dari awal platformnya cukup menggunakan platform mereka anda sudah dapat menjual barang online.

Anda tidak perlu report untuk membangun server, hosting, domain dan tentunya core dari e-commerce (toko online) itu sendiri, karena semua itu sudah disediakan oleh marketplace.

compartion search term form google trends

Namun demikian saya memang orang nya sedikit idealis terkait hal ini, karena prinsip bagi saya BERDIPARI lebih memiliki makna dari pada tidak, walaupun tidak ada salahnya menggunakan platform as as service jika anda tidak ingin direpotkan dengan hal-hal teknis.

BERDIPARI adalah singkatan dari Berdiri di Platform Sendiri, ini platform yang dibangun oleh komunitas WordPress terbesar dan anda bebas menggunakannya. Bukan Platform rumah ya (plafon).

Langkah-langkah

OKE, cukup pengantar nya, mari kita masuk ke inti masalah dari toko online ini. Saya akan bagi menjadi dua bagian antara server (hosting dan domain) dan aplikasi (cms dan plugin) yang digunakan untuk membangun toko online anda sediri.

Server (Domain dan Hosting)

Yang perlu anda persiapkan adalah server, didalamnya terdapat hosting dan domain, hosting adalah dimana file-file aplikasi anda disimpan dan domain adalah sebuah alamat di internet untuk ditujukan kepada lokasi toko online anda.

Dua hal ini (domain dan hosting) anda bisa menyewa pada registran lokal, atau bisa di registran luar negeri, anda bisa membaca artikel saya terkait hal tersebut pada kategori cloud dan server.

Pastikan anda mempunyai cukup knowledge terkait sewa server (hosting dan domain) ini, jika anda ragu silahkan komen pada kolom kementar mungkin ada hal yang bisa saya bantu dari sisi teknis.

Aplikasi (CMS dan Plugin)

Selanjutnya adalah aplikasi yang harus anda persiapkan sebagai dasar dari pembuatan toko online anda.

Yang pertama tentu saja adalah CMS WordPress, anda harus menginstall CMS ini pada server anda. Setelah melakukan installasi WordPress anda akan diberikan segudang fungsionalitas untuk membuat toko online yang professional.

Plugin-Plugin

WooCommerce, ini adalah core plugin yang harus anda Install untuk memulai membuat toko online. WooCommerce ini adalah official plugin yang ditujukan untuk e-commerce pada WordPress, dibuat oleh perusaaan dimana pendiri WordPress ini membentuknya, perusahaan tersebut bernama automatic.

woocommerce by automatic

Woocommerce merupakan plugin gratis yang anda bisa gunakan untuk membangun toko online dengan mudah, didalamnya terdapat beberapa module penting yang bisa anda langsung gunakan seperti :

  • Manajemen Produk
  • Manajemen Pelanggan
  • Manajemen Pesanan
  • Manajemen Laporan
  • Manajemen Diskon
  • dll

Oke, jadi install dulu Woocommerce yah.

Tema

Anda butuh tema khusus yang mengakomodir kebutuha toko online anda, anda bisa gunakakan tema bawaan woocommerce seperti storefront, atau anda bisa gunakan tema alternative (yang saya lebih suka) menggunakannya yakni astra.

astra theme

Jadi silahkan install salah satu tema yang anda suka ya.

Shipping Gateway

Anda membutuhkan gerbang pengiriman atau shipping gateway jika toko online anda menjual produk fisik yang harus dikirim ke pelanggan anda.

Shipping gateway tujuannya adalah memberikan gambaran / perkiraan biaya kirim ke kecamatan atau kota dimana barang anda akan dikirim ke tempat pelanggan.

Beberapa shipping gateway plugin yang gratis dengan fungsi limited anda bisa gunakan seperti woongkir (integrasi dengan API raja ongkir), atau yang berbayar dan fungsionalitas lebih banyak seperti indoongkir.

woongkir by pak Sofyan Sitorus

Jadi tahap awal anda bisa gunakan plugin woongkir, jika sudah yakin anda bisa upgrade API nya atau beli IndoOngkir.

Tambahan, ada 1 lagi plugin ongkos kirim yang bisa anda gunakan gratis, namanya adalah ongkoskirim.id dan saya sudah coba untuk menghitung ongkos kirim nya, yang menarik dari plugin 1 ini anda bisa menambahkan biaya tambahan misalnya 1k atau 2k per transaksi, tujuannya jika anda ada biaya packing menggunakan bumble wrap dll.

plugin ongkoskirim.id

Kemudian ada juga kode unik bisa 1-5 digit, tujuannya untuk memudahkan pelacakan mutasi rekening koran jika metode payment gateway belum tersedia atau anda masih menggunakan transfer manual sebagai pembayarannya.

Payment Gateway

Toko online anda harus juga mempunyai gerbang pembayaran, yang disebut dengan payment gateway, woocommerce extension menyediakan payment gateway namun untuk negara-negara amerika dan eropa, untuk di indonesia khususnya anda mesti menggunakan plugin yang di buat mengikuti regulasi pemerintah Indonesia.

xendit payment gateway

Plugin payment gateway antara lain xendit, doku, midtrans. Anda bisa pilih salah satu dari 3 payment gateway terbaik ini, tentunya dengan beberapa effort yang harus anda jalankan seperti registrasi dan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

WhatsApp

Nah, ini maaf saya tambahkan satu lagi kebiasaan orang Indonesia untuk tanya-tanya terlebih dahulu terkait produk yang akan dibeli.

oneclick chat to order by walter pinem

Untuk mengakomodir hal tesebut, biasanya di sematkan fitur chat via wa, sehingga pelanggan toko anda bisa bertanya terkait produk anda lebih detail lagi. Fitur ini bisa menggunakan plugin karya anak bangsa yang bernama “OneClick Chat to order”.

Silahkan anda juga bisa download dan install pluginnya.

Kesimpulan

Baik, jadi dasar nya saya rangkum disini ya, pertama anda harus punya server (hosting dan domain), cms wordpress, woocommerce, tema, shipping gateway, dan payment gateway.

E-commerce fundamentals by Hendra Wijaya

Jika fundamental nya sudah dibangun anda tinggal memikirkan produk dan cara pemasaran untuk mengenalkan produk anda secara luas.

Tidak mudah memang membangun platform dan brand anda sendiri, namun ini adalah bagian dari usaha yang harus anda lakukan dengan tekun agar mendapatkan hasil yang anda inginkan.

Untuk bagian-bagian teknis seperti bagaimana cara install dan lain-lain, Insya Allah akan saya bahas pada artikel terpisah agar anda lebih fokus untuk memahami konsep awal terlebih dahulu jika ingin membangun toko online anda sendiri dengan wordpress.

Selamat mencoba dan mari BERDIPARI. Ini salah satu contoh toko online yang khusus menjual produk digital, poskasir.net.

Wassalam
Hendra Wijaya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top