Menerjemahkan WordPress Kedalam Bahasa Indonesia

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 10 Oktober 2020.

Halo selamat malam semua, kali ini saya akan share pengalaman untuk berkontribusi dalam menerjemahkan WordPress kedalam bahasa Indonesia.

Tujuan

Tujuannya adalah untuk memudahkan pengguna WordPress khusus nya di Indonesia agar lebih mudah dalam memahami fungsi-fungsi dari dashbord WordPress.

Karena hari ini ada live streaming dari WP Indonesia terkait cara berkontribusi / cara ikut serta dalam penerjemahan WordPress kedalam bahasa Indonesia, maka saya tertarik untuk ikut serta.

Namun kali ini versi WordPress terbaru sudah selesai di terjemahkan, maka diganti dengan project WordCamp yang akan di terjemahkan kebahasa Indonesia.

Langkah-Langkah

Pertama anda harus mempunya akun wordpress.org, silahkan anda daftar terlebih dahulu, kemudian navigasi ke halaman translasi : https://translate.wordpress.org/.

Disana, coba anda filter untuk bahasa indonesia, dengan mengetikan Indonesia pada kolom Find your locale :

find your local indonesian

Setelah ketemu, anda tinggal contribute ke translation, jadi disana nantinya akan banyak project yang bisa anda bantu selesaikan translasi bahasa Indonesia nya, seperti WordPress, Theme, Plugin, Meta, Apps.

locales Indonesia

Sekarang ini project yang sedang dilakukan translasi adalah WordCamp, jika anda ingin bergabung silahkan klik link ini.

Caranya sangat mudah, anda tinggal double klik pada form yang sudah disediakan oleh WordPress.org, dan mulai untuk menerjemahkan kalimat disebelah kiri anda.

translation of WordCamp.org Indonesian

Nantinya ada statistik untuk setiap project yang anda berkontribusi didalamnya, misalnya pada project translasi WordCamp.org ini seperti dibawah.

statistik translate

Jadi suggest translasi anda tidak langsung diterima, nantinya akan ada team editor yang melakukan approval pada translation anda, setelah di approve maka hasil kontribusi anda akan digunakan oleh WordCamp.org pada aplikasi mereka.

Glossary

Satu lagi, kita mempunyai seperti kamus besar yang bernama Glossary dimana biasanya digunakan untuk menjadi rujukan kata-kata yang sulit atau bahkan kata-kata yang tidak boleh di translate misalnya header / footer dll.

Anda bisa berkontribusi juga terhadap Glossary Indonesia https://translate.wordpress.org/locale/id/default/glossary/

Glossary ini sangat membantu sekali karena pada halmaan translator, akan di berikan link ke glossary Indonesia untuk kata-kata yang sudah ada didalam Glossary ini.

Selamat berkontribusi dan selamat mencoba ya teman2.

Wassalam
Hendra Wijaya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top