Migrasi server khusus WordPress hosting

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 15 August 2020.

Halo selamat siang, sebelumnya saya coba cloud hosting yang dimiliki oleh cloudways, jadi blog ini nangkring di server sg nya digital ocean selama 3 hari, artikel terkait cara trial nya masih saya susun.

Update 9 Agustus 2020, saya sudah menyusun artikel terkait managed cloud hosting WordPress di digital ocean, anda bisa membaca artikelnya disini : coba cloud hosting digital ocean di cloudways.

Btw sekarang saya hosting blog ini di idwebhost, karena sejak 2011 kebetulan saya pelanggan setia idwebhost dari paket paling murah meriah dulu seharga 5 juta ribu per bulan. Dengan domain web.id seharga 25 juta ribu per tahun.

Cloud hosting di cloudways

Nah, saya rencana ingin coba cloud hosting seperti di digital ocean, jadi saya tanya team idwebhost via email ternyata belum ada layanan cloud hosting, hanya ada layanan vps, saya tanya apakah vps nya bisa ditrial atau tidak, ternyata vps nya juga tidak bisa ditrial.

Vps di alibaba cloud

Kemudian saya ingat punya akun di alibaba cloud, akhirnya saya coba vps/ecs nya alibaba cloud, dan ini free selama 12 bulan, anda bisa baca artikel nya disini : coba cloud vps alibaba seharga 450 dolar.

Bulan depan saya coba akan trial vps nya milih GCP (Google Cloud Platform), karena tahun lalu saya tidak sempat testing, walaupun sudah dapat kredit 300 dolar. Saya testing untuk instance Postgresql saja. Karena kebetulan saya tahun lalu sedang asyik tes2 postgresql.

Layanan soprano di idwebhost

Karena tidak ada layanan cloud hosting dan vps nya idwebhost tidak bisa di trial, akhirnya saya coba untuk migrasi ke server khusus wordpress.

Nama layanannya soprano, ini server khusus yg dioptimasi untuk hosting wordpress, kecepatan 40x lebih cepat dari website biasa, dan 3x lebih cepat dari https biasa, kira-kira spesifikasi teknis nya seperti ini :

  • Processor 2 core
  • Ram 2Gb
  • Space unlimited
  • Bandwith unlimited

Harga layanan soprano

Harga layanan webhosting khusus wordpress soprano untuk 2 tahun adalah  1 juta 8 ratus ribu rupiah, sudah dengan domain utama milik saya .net. Harga ini setengah lebih murah dari harga cloud hosting digital ocean jika sama-sama 2 tahun.

Alasan saya upgrade ke server khusus wordpress di idwebhost karena ingin coba speed dan peforma nya selama sisa kontrak hingga feb 2021.

harga layanan soprano

Cara upgrade

Jika anda sudah menjadi pelanggan idwebhost, silahkan ikuti langkah berikut ini untuk cek berapa silisih cost yang harus anda bayar jika akan upgrade ke server khusus ini :

  • Login ke layanan hosting
  • Klik layanan anda
  • Klik upgrade/downgrade
  • Pilih layanan soprano
  • Pilih lama sewa misal 1,2 atau 3 tahun
  • Sisa sewa akan di potong untuk biaya sewa layanan baru.

Pembayaran

Saya biasa bayar pakai ovo jika beli domain atau perpanjangan layanan di sini. Banyak metode pembayaran di idwebhost.

Proses Migrasi

Untuk proses migrasi saya kecewa sedikit dengan jadwal yang sudah disepakati, harusnya jam 00.01 WIB namun setelah jam 7.00 WIB juga belum di migrasi.

Tetapi setelah saya email yang kedua kalinya blog saya langsung di migrasi ke server baru. Mungkin next nya bisa diperbaiki lagi terkait layanannnya.

Dashboard plesk

Setelah dimigrasi ternyata control panel nya tidak menggunakan cPanel namun menggunakan plesk.

Secara GUI tidak menyulitkan saya, hanya saja beberapa menu tempat nya berbeda dari cPanel. Tapi over all oke.

plesk dashboard

Cek resource

Resource nya memang jauh berbeda dengan paket layanan saya sebelumnya karena ini dua kali lipat lebih besar.

Namun demikian yang disayangkan adalah I/O dan Iop nya masih kecil hanya 1Mb, jadi menurut saya ini yg mungkin harus diperbaiki, karena saat saya coba copy file, upload dan i/o nya langsung merah dan web nya jadi tidak bs diakses.

snapshot resource

Mungkin pihak idwebhost bisa memperimbangkan i/o nya bisa di angka 2Mb atau mungkin 3Mb, kita lihat saja tahun depan ya, semoga sudah di upgrade paket nya.

WordPress toolkits

Karena ini server khusus untuk hosting wordpress, jadi ada menu khusus untuk maintenance wordpress milik kita.

check security

Jadi tools ini berfungsi sebagai monitoring dan memberikan kemudahan installasi tanpa mesti login ke setiap website, misalnya seperti ini :

  • Ada berapa website yang terinstall di layanan
  • Apakah website nya secure atau tidak
  • Berapa plugin dan apa saja yang terinstall
  • Berapa themen dan apa saja yang terinstall
  • Mode maintenance, blog anda bisa langsung menjadi mode maintenance jika fitur nya diaktivekan
  • Mode password, sama halnya dengan maintenance web anda bisa diakses jika memasukkan username dan password
plugin and theme maintenance

SEO toolkits

Tersedia juga seo toolskit untuk membantu web kita agar lebih seo frendly, termasuk juga untuk layanan audit website, audit ini tujuannya adalah mencari kecocokan atau compliant dari best practice terkait seo website.

seo toolskit

Integrasi dengan Cloudflare

activasi cloudflare

Plesk desk server bisa langsung syncron dengan cloudfare untuk security nya, jika anda sudah punya akun cloudflare silahkan login, jika website anda sudah pernah di add pada server cloudflare sebelumnya, anda harus melakukan penghapusan terlebih dahulu.

status cloudflare

Anda tidak perlu ubah dns pada sisi hosting, dns sudah di mapping oleh server plesk, menurut saya ini lebih memudahkan anda.

Peforma

Sofar peforma memang naik 2x lipat, saya coba test hasilnya dengan chrome atau mozilla hasil TTFB nya. Namun yang saya rasakan memang jauh lebih cepat.

Hanya saja saya masih terganggu dengan I/O dan IOPS yang kecil.

Kesimpulan

So far saya lumayan puas untuk upgrade ke server khusus wordpress, setidaknya sampai akhir kontrak feb 2021.

Update 10 Agustus 2020

Saya coba menanyakan spesifikasi teknis dari server yang digunakan untuk hosting paket soprano ke team idwebhost dan berikut adalah spesifikasi nya :

  • Server # JAMBUSARI
  • Server Code Name : JAMBUSARI
  • Server IP : 203.161.xxx
  • Lokasi Server : NeuCentrix Data Centre Indonesia
  • Start Date : 22 Mei 2020
  • OS/CPanel : CentOS Server + CPanel + Softaculous and Sitepad + CloudLinux + Litespeed + Imunify + IDwebhost Control Panel Integration
  • Spesifikasi Hardware : Intel Xeon E312xx (Sandy Bridge, IBRS update)
  • Status : Active 

Hopefully sih idwebhost bisa punya layanan cloud hosting atau vps nya bisa terjangkau harga nya, karena saya memang tidak biasa pindah2 hosting jika sudah cocok. Kecuali memang untuk tujuan trial.

Update 15 Agustus 2020

Saya migrasi ke cloudways dan ambil platform vultr khusus untuk blog ini (hendrawijaya.net), karena di server khusus wordpress hosting kebetulan sudah banyak (ada sekitar 5 situs) yang nangkring disana. Jadi untuk kenyamanan teman-teman membaca blog saya (agar cepat diakses) saya khusus kan untuk pisah server, harganya 11 dolar per bulan dengan spesifikasi sama dengan digital ocean yang dibahas pada artikel ini.

Wassalam
Hendra Wijaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *