Managed Cloud Hosting Cloudways

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 27 September 2020.

Halo siang semua, minggu lalu saya coba migrasi blog ini ke digital ocean melalui cloadways. Digital ocean adalah sebuah platform seperti halnya linode, vultr, aws atau gce. Cloudways sendiri adalah penyedia dari platform-platform tersebut.

Jadi anda dapat memilih sekitar 5 platform yang disediakan oleh cloudways dengan harga dan spesifikasi yang berbeda. Saya akan share bagaimana step-step nya dan bagaimana peforma blog ini setelah migrasi.

Sebelumnya anda bisa membaca artikel saya terkait coba vps (virtual private sever) alibaba cloud, dan anda juga bisa membaca artikel dimana saya hosting blog ini : server khusus wordpress hosting.

Catatan : Pada halaman blog ini, khususnya yang membahas terkait cloudways, ada link reveral yang saya berikan, jika anda mendaftar dengan link tersebut, anda akan mendapatkan diskon sebesar $15 sedangkan saya akan mendapatkan bonus reveral sebesar $20.

Pengenalan Cloudways

Cloudways adalah salah satu penyedia managed cloud yang setingkat lebih baik dari shared hosting, denga teknologi terbaru dan data center yang bisa kita pilih, menurut saya sangat menarik untuk menjadikan website atau blog anda lebih cepat peforma nya.

Cloudways sendiri mempunya beberapa platform didalamnya antara lain digital ocean, linode, vultr, amazon web service (aws) dan google compute engine (gce).

Harga diantara nya sangat bervariasi tergantung layanan apa yang anda ambil dan di platfom mana.

Yang paling murah disediakan oleh platform digital ocean dengan biaya 10 dolar per bulan, dan server anda bisa pilih di singapura yang paling dekat dengan kita.

Spesifikasi cloud hosting nya juga tidak terlalu minim dan juga tidak terlalu besar : 1GB RAM, 1 core processore, 25GB SSD dan bandwith 1TB / bulan.

Daftar

Untuk mendaftar atau trial anda bisa klik link ini : daftar cloudways, untuk security reason menurut cloudways verifikasi nya harus manual, jadi anda tidak langsung dapat melakukan trial sebelum melakukan verifikasi ini.

Verifikasi Email

Setelah anda mengisi semua data yang diperlukan, selanjutnya anda diminta untuk mengirim email ke salah satu team cloudways, isi emailnya adalah meminta akun anda agar diaktive kan karena anda ingin mencoba layanan cloud hosting milik mereka.

Aktivasi Email

Kemudian jika email anda sudah di reply (antara 1-2 jam) bisa lebih lama atau cepat, team cloudways akan meminta no handphone , alamat facebook dan linkedin.

Kirim saja apa yang mereka minta untuk verifikasi. Karena alasan security banyak nya ‘robot’ yang mendaftar pada layanan ini sehingga harus di verifikasi manual (setidaknya ini yang meraka sampaikan).

Email verification

Email anda akan dibalas dalam waktu 1-2 jam kedepan, setelah aktive anda dapat login ke cloudways dan memulai memilih ptatform yang anda butuhkan.

Pilih Platform

Setiap platform memiliki harga dan spesifikasi yang berbeda, ada beberapa platform seperti aws dan gpc dengan biaya mulai 40$, namun ada platform seperti digital ocean, linode, dan vultr dengan bandwith mulai 1 TB harga mulai 10$.

NOPLATFORM
1Digital Ocean
2Vultr
3Linode
4AWS (Amazon Web Service)
5GCE (Goolge Compute Engine)
Tabel Platform yang disediakan oleh Cloudways

Harga dan Location Data Center

Berikut ini saya akan sampaikan 3 harga dari yang termurah hingga lokasi data center / server untuk tiap platformnya.

Sehingga anda dapat dengan mudah untuk memilih harga dan data center yang lebih cocok sesuai dengan kubutuhan anda saat ini.

Digital Ocean

Kita mulai dengan digital ocean, saya ambil 3 yang paling terjangkau server size nya sebagai berikut :

Lokasi : London, San Francisco, Singapore, New York, Amsterdam, Frankfrut, Toronto, Bangalore

RAM PROSSD BW/TBPRICE $
1 GB1 Core251 TB10 $
2 GB1 Core502 TB22 $
4 GB2 Core804 TB40 $
Tabel Harga Platform Digital Ocean Di Cloudways

Seperti yang anda lihat pada tabel diatas, paket yang palling muarah adalah 10$, dengan spesifikasi 1 GB RAM, 1 Core Processor, 25 GB SSD, 1 TB bandwidth transfer, dan lokasi ada pada London, San Francisco, Singapore, New York, Amsterdam, Frankfrut, Toronto, Bangalore.

Sedangkan Spesifikasi paling tinggi adalah 192 GB RAM, 3840 GB SSD, 12 TB bandwidth transfer, 32 Core Processor dan dengan harga 1035 $.

kind of platform on cloudways

Linode

Platform yang kedua adalah linode, tidak jauh dengan digital ocean namun harga nya sedikit lebih mahal daripada digital ocean. Lokasi data center nya juga lebih banyak ada 10 data center yang bisa anda pilih.

Lokasi : Newark, Dallas, Freemont, Atlanta, London, Frankfrut, Singapura, Tokyo, Toronto, Mumbai, Sidney

RAMPROSSDBW/TBPRICE $
1 GB1 Core25 GB1 TB12 $
2 GB1 Core50 GB2 TB24 $
4 GB2 Core80 GB4 TB50 $
Tabel Harga Platform Linode Di Cloudways

Harga yang paling murah adalah 12 $ dengan spesifikasi 1 GB, 1 Core, 25 GB SSD dan 1 TB bandwidth transfer.

Sedangkan harga paling mahal adalah 1205 $, dengan spesifikasi 192 GB RAM, 3840 GB SSD, 12 TB bandwidth transfer, 32 Core Processor.

Vultr

Yang terakhi akan saya bahas pada artikel ini adalah platform vultr. Setelah menggunakan digital ocean saya coba migrasi server ke vultr.

Tujuannya adalah ingin melakukan testing fitur clone server yang berbeda platform dan negara, dan mencoba vultr high frequency.

Lokasi : Seattle, Silicon Valley, Los Angles, Dallas, Chicago, Atlanta, Miami, New York, London, Amsterdam, Paris, Frankfrut, Tokyo, Sidney, Singapore, Toronto.

RAMPROSSDBW/TBPRICE
1 GB1 Core25 GB1 TB11 $
2 GB1 Core50 GB2 TB23 $
4 GB2 Core80 GB4 TB44 $
Tabel Harga Platform Vultr Di Cloudways

Seperti yang anda lihat vultr memiliki data center yang paling banyak dari kedua platform sebelumnya, berjumlah 16 Data Center.

Harga yang paling murah adalah 11 $ dengan spesifikasi 1 GB RAM, 1 Core Processor, 25 GB SSD, dan 1 TB bandwidth transfer.

Vultr High Frequency

Untuk vultr high frequency selisih harganya adalah 2 $ untuk setiap paket. Menurut informasi dari cloudways, vultr high frequency memiliki peforma yang lebih baik dari vultr standard, yakni pada sektor SSD yang sudah menggunakan NVem dan Peforma processor dengan high clock speed.

AWS dan GCE

Untuk 2 platform ini saya tidak akan bahas pada artikel ini, saya akan bahas terpisah terkait AWS dan GCE (Google Compute Engine) dan GCP (Google Cloud Platform) pada artikel terpisah nantinya.

Setup Migrasi

Untuk migrasi ini sebenarnya anda diberikan dua opsi, anda dapat memindahkan file secara manual dan mengimport database secara manual pula.

Opsi kedua anda bisa gunakan plugin yang disediakan oleh cloudways agar anda lebih mudah untuk mentransfer database dan semua file anda ke cloud hosting mereka. Saya pribadi menggunakan plugin untuk test fungsionalitas plugin nya apakah berjalan dengan baik atau tidak.

Dashboard credential

Jika anda ingi mellakukan migrasi dari shared hosting anda yang lama ke hosting yang berbasi cloud seperti cloudways ini sangat direkomendasikan untuk menggunakan plugin migrasi.

Saya sudah mencobanya berkali-kali untuk memindahkan aplikasi wordpress dan hasilnya (so far) tidak pernah gagal.

Install Plugin

Anda bisa install plugin dari cloudways, kemudian memasukan beberapa credential password yang sudah disediakan pada panel hosting nya seperti : username dan password ftp, username dan password untuk database, destination site, dan ip public server.

cloudways plugin migration tools

Proses Migrasi

Proses migrasi menggunakan plugin untuk web ini memakan waktu 2-3 jam dengan file yang ditransfer sekitar 300-500MB, termasuk dengan database yang digunakan.

migration progress

Selama proses migrasi anda akan diemail untuk memantau jalannya proses, jadi ada link yang dikirimkan ke email anda untuk memonitoring proses migrasi sudah sejauh mana. Jadi pada dasarnya anda bisa mengclose layar browser anda karena proses migrasi tidak tergantung dari anda membuka browser atau tidak. Namun demikian jika tidak terlalu lama seperti blog saya, usahakan tidak di close browser nya.

Domain pointing

Setelah anda selesai melakukan migrasi, anda akan diminta untuk melakukan domain pointing, secara default anda diberikan nama subdomain dari layanan ini, langkah selanjutnya anda perlu melakukan input nama domain anda / primary domain anda agar bisa dikenali oleh layanan yang baru ini.

add primary domain

Jika anda ingin melakukan testing speed dan fungsionalitas web anda sebelum di pointing, anda bisa gunaka nama default yang disediakan oleh cloudhosting.

Ganti A record

Setelah anda yakin dengan isi dan fungsionalitas web anda, saat nya mengganti A reocord / menambah A record pada DNS dimana domain anda di manage. Tambahkan A Record dengan IP public yang sudah diberikan oleh cloudways pada dashboard mereka.

Login ke dashboard registran anda, navigasi ke tab domain, dan tambahkan A record beserta IP dari server yang anda gunakan.

add A record

Jika anda menggunakan cloudflare sebagai DNS management, silahkan pastikan ip server cloudways sudah disetup.

cloudflare a record

Install SSL

Setelah pointing domain, langkah selanjutnya anda diminta untuk install SSL, tujuannya agar protokol HTTPS dari situs anda bisa diakses.

Berikta baiknya, cloudways sudah mengintegrasikan SSL dengan let’s encrypt sehingga anda bisa menginstallnya dengan gratis.

install ssl

Kemudian pilih enable https redirect jika ada dialog box untuk mengaktivekan nya. Tujuannya agar semua protokol http akan di force ke https.

https redirect

Test website

Langkah terakhir anda coba test website anda setelah dilakukan propagasi DNS selama 1×24 jam, anda bisa melakukan cek pada web ini : dns checker.

Kesimpulan

Setelah blog saya menggunakan layanan vultr high frequency di cloudways memang peformanya sangat berbeda dengan shared hosting biasa, hal ini dikarenakan layanan mereka sudah mengadopsi teknologi terbaru seperti infrastruktur cloud. Untuk harga 10 Dolar per bulan menurut hemat saya sangat terjangkau.

Pengujian Untuk Dekstop

Cloudways hanya menyediakan cloud hosting untuk wordpress, drupal, jomla, magento, drupal, openchart, prestashop dan laravel serta semua aplikasi kustom PHP stack.

Pengujian Untuk Mobile

Jika web / blog anda banyak visitor dan ingin peforma lebih, mudah migrasi dan harga terjangka anda bisa consider untuk migrate ke cloudways.

Wassalam
Hendra Wijaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *