Payment Gateway Di Indonesia

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 3 November 2020.

Halo selamat siang semua, kali ini saya akan share pengalaman menggunakan salah satu payment gateway yang tersedia di Indonesia.

Fungsi

Jadi fungsi dari payment gateway ini adalah sebagai gerbang pembayaran yang biasanya digunakan pada toko online, perusahaan ini (penyedia payment gateway) tujuannya adalah menyediakan beberapa metode pembayaran baik dari bank maupun wallet.

Misalnya mereka sudah provide (banyak) metode pembayaran yang bisa digunakan oleh pelanggan toko online anda, seperti virtual akun bank (bca, mandiri, bni, permata, bri, dll) ada juga wallet seperti (ovo, dana, qris, link aja, dll).

Semua metode pembayaran yang disediakan diatas, tidak perlu anda melakukan koneksi 1 per 1 ke setiap bank atau e-wallet yang nantinya akan digunakan oleh toko online yang anda kelola.

Anda cukup melakukan koneksi dengan perusahaan payment gateway yang anda di indonesia, dan anda bisa menikmati metode pembayaran yang sudah disediakan oleh mereka. Gampang bukan ?

Payment Gateway

Menurut pengalaman saya, ada beberapa perusahaan payment gateway seperti DOKU, Xendit, Tripay, Midtrans yang sudah menyediakan plugin untuk woocommerce yang ter integrasi dengan wordpress. Jika anda belum memiliki toko online, anda bisa membaca artikel saya terkait dasar membuat toko online disini.

e-commerce fundamental by hendra wijaya

Anda cukup dengan melakukan pendaftaran pada salah satu perusahaan penyedia pament gateway tersebut, lengkapi surat-surat yang dibutuhkan, misalnya KTP, NPWP, buku tabungan dll.

Komisi

Biasaya perusahaan payment gateway akan mendapatkan % dari penjualan yang kita lakukan di toko online, jika virtual akun antara 1.500 – 4.00 per transaksi, sedangkan untuk e-wallet diantara 0.7 – 1.5 % per transaksi.

Jadi anda bisa manfaatkan kesempatan ini untuk mempermudah calon pelanggan anda berbelanja di toko online yang anda kelola, semakin mudah pelanggan melakukan pembayaran semakin banyak kesempatan untuk konversi.

Semoga bermanfaat, jika ada yang perlu di diskusikan, silahkan pada kolom komentar ya.

Wassalam
Hendra Wijaya

Bagikan ini :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top