Tips memilih raket badminton untuk pemula

Halo selamat siang semua, kali ini saya akan share hobi saya yang sudah lama terpendam, dulu sering main badminton di kampung pakai triplek, baru kesampaian beli raket (beneran) sekarang ini, jadi baru bisa share sekarang, mohon maaf ya.

Bagi yang mulai main badminto pemilihan raket menjadi sangat penting, jika hanya untuk ekstra kulikuler sebaiknya memilih raket yang biasa saja antara harga 100k-200k, biasanya merk2 terkenal seperti YONEX, LINING, VICTOR ada KW nya, KW nya ini yang harganya biasanya murah. Bahkan ada yang 100k dapat 2 raket (sepasang) merk YONEX.

Tetapi jika anda ingin mulai serius dalam hobi badminton minimal main di lapangan 2x seminggu berikut ini adalah tips untuk memilih raket :

  • Berat raket, berat raket umumnya di tulis dalam simbol U, 1U, 2U, 3U, – 7U, semakin kecil U semakin berat raket. Untuk pemula bisa menggunakan ukuran 3U-5U. Ada juga yang ukuran 7U seperti merk Protech dari malaysia.
  • Balance raket, balance raket biasanya disebutkan seperti head heavy, light heavy atau balance. Head heavy biasanya digunakan untuk menyerang (offensive), light heavy untuk bertahan (defensive) dan balance biasanya untuk all around bisa menyerang atau bertahan.
  • Tension, tarikan senar pada raket juga mempengaruhi, jika pemula disarankan tension antara 20-24 lbs, jika sudah advance bisa 25lbs keatas.
  • Senar, pemilihan senar untuk pemula tidak perlu yang ekstrim, misalnya bisa gunakan BG66 atau BG66 Force milik yonek sudah lebih dari cukup.

Sesuaikan dengan budget, harga raket memang beragam dari yang murah hingga mahal, jika anda pemula usahakan beli raket yang murah terlebih dahulu harga kisaran 299-500k sudah cukup. tinggal perhatikan 4 point diatas, berat, balance, tension dan senar nya. sesuaikan dengan gaya permainan yang akan anda lakukan, bertahan, menyerang atau keduanya, gunakan raket yang tepat agar hoby anda bisa menyenangkan.

Jika ada pertanyaan atau masukan silahkan tulis pada kolom komentar.

Wassalam
Hendra Wijaya

Leave a Reply