Tips sederhana bersepeda di denpasar bali

Halo sore teman2, khusus nya yang dibali, gimana kabar? masih pada liburan ya ? hari ini pemerintah daerah bali konon membuka beberapa sektor pariwisata untuk membangkitkan roda ekonomi yang tersendat, selamat liburan ya, dan semoga kalian sehat dan semangat terus ya.

Semenjak covid-19 ini memang dibali banyak sekali pesepeda khususnya di kota denpasar, walaupun mungkin banyak juga di ubud, tabanan dan singaraja pastinya. dalam tulisan kali ini saya hanya mau berbagi pengalaman bersepeda agar teman-teman bisa nyaman dijalan sesama pengguna jalan.

Baca juga :

Google Trends

Saya penasaran karena di google trends juga menarik perhatian terkait pembahasan sepeda di dunia maya, dari speeda pivot, speeda minion hingga sepeda yang katanya akan kena pajak, tapi itu ga banar ya, menurut informasi dari kemenhub tidak ada pajak terkait speeda, memang ada beberapa regulasi yang dibahasa tetapi katanya terkait keamanan bersepeda, bukan pajak sepeda, beritanya kalian bisa lihat di kompas dan liputan6.

Pastinya kalian yang punya sepeda kepengen nyaman bersepeda, dan tidak terlalu mengganggu pengendara lain, di sisi lain saat kalian mengendari kendaraan seperti motor atau mobil juga tidak mau membahayakan pengendara sepeda karena memang jalannya dipakai bersama-sama ya kan?. Oleh karena itu berikut saya berikan tips sederhana agar bersepeda kalian nyaman :

Safety First

Safety First, ya ini yang paling pertama, utamakan keselamatan, bagaimana mengutamakan keselamatan saat akan bersepeda ? anda harus cek kondisi sepeda anda agar maksimal seperti tekanan ban, rem, lampu belakang dan lampu depan. Jangan lupa juga untuk memakai helm, sepatu, masker, kacamata dan jersy sepeda(kalau ada).

Perlengkapan Sepeda

Perlengkapan, anda harus membawa perlengkapan seperti botol minum (isi air putih ya) waist bag untuk tempat dompet dan hp, karena ini penting jika terjadi sesuatu di jalan misalnya air habis atau ada hal penting yang mesti di telp keluarga.

Mengajak Teman

Ajak teman, usahakan ajak teman ya, jangan sendirian (nanti saya ceritakan dibawah), biar bisa ngobrol saat istirahat.

Pemilihan Rute

Rute Sepeda, usahakan cari rute sepeda yang sudah kalian ketahui,misal direnon, sesetan, imam bonjol, sidakarya, boleh sesekali explore di rute lain tentunya dengan persiapan lebih baik.

Perhatikan Cuaca

Lihat perkiraan cuaca, baiknya anda lihat dulu ramalan cuaca apakah hari ini ada hujan apa tidak, jika ada hujan baik nya anda tunda dulu bersepeda karena bisa terkena flu, dan juga jika anda pengguna sepeda tanpa spakbor jersi nya pasti kotor.

Tidak Over Acting di Jalan

Bersepda dengan tenang, tidak perlu over acting di jalan, biasa saja tapi mantap gayung nya jangan terlalu pelan dan jangan terlalu ngebut anda ini sedang bersepeda untuk menghilangkan stress dan agar badan anda sehat bukan untuk kejuaran nasional, jadi santai saja ya sepedaannya.

Patuhi Rambu Lalu Lintas

Patuhi rambu lalu lintas, ini memang kadang sulit di patuhi ya (engga sepeda aja sih banyak juga kendaraan lain) tapi ini penting jika ketemu perempatan / pertiggan lampu merah ya berhenti, lampu kuning pelan2, lampu hijau baru jalan, jangan nerobos2, bahaya kalo nanti kecelakaan.

Bersepeda di Pinggir

Bersepeda dipinggir jalan, usahakan ada space 1 meter dari bahu jalan / trotoar jangan terlalu ketengah karena kecepatan sepeda tidak seperti motor atau mobil, pengendara lain kemungkinan akan banyak ngebut, jadi ambil aman di pinggir ya jangan terlalu ke tengah jalan.

Speda Roadbike Helm Cakil

Kesimpulan

Maaf ini saya pake helm cakil naik sepeda cuma buat foto doang, helm aslinya saya gantung didepan tuh, oh ya speda saya roadbike pemula poligon stratos 2 warna orange, speeda ini sudah pernah di sruduk vespa dari belakang di jalan bypass ngurah rai, alhasil pergelangan tangan kanan saya keselo hingga 1 bulan lebih, dan beberapa luka lecet di tangan. Speda bengkok velg depan nya dan lecet di stang, dan kedua as depan belakang juga lecet parah.

Waktu saya tanya pemilik vespa (2 orang anak SMP) kenapa saya di tabrak padahal saya sudah di pinggir, pemilik vespa bilang kalau dia lagi NGANTUK, karena semalem BELAJAR, well saya tidak bisa marah karena ini memang kecelakaan dijalan walaupun sudah hati2. untung nya saya pakai perlengkapan yang cukup untuk melindungi diri.

Saat ini sepedanya sudah saya jual, dan rencana mau kredit vespa, kemudian saya akan cari pengendara sepeda di bypass ngurah rai mau saya sruduk dari belakang (hehehe just kidding jangan diseriusin).

Selamat bersepeda teman2, hati2 dijalan, dan jangan lupa BERDOA sebelum berangkat ya. Jika ada pengalaman bersepeda di denpasar bisa komen di kolom komentar ya.

Wassalam
Hendra Wijaya

Referensi, diakses tanggal 9 Juli 2020, Pukul 20.27 Wita :

  1. https://money.kompas.com/read/2020/06/30/060642426/kemenhub-bantah-bakal-pungut-pajak-sepeda?page=all
  2. https://money.kompas.com/read/2020/06/27/063015926/kemenhub-sepeda-harus-diatur
  3. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4292437/cek-fakta-tidak-benar-pemerintah-akan-memungut-pajak-sepeda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.