WordPress 5.5 sitemap

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 20 August 2020.

Halo selamat malam semua, sudah update WordPress 5.5 belum ? jika belum silahkan upgrade ya, pastikan database dan file nya anda backup terlebih dahulu, just in case.

Eksisting Sitemap

Sebelumnya saya struggle dengan sitemap di google search consule karena tidak bisa di baca, hal ini karena saya baru saja pindah server blog dari server khusus hosting wp di indonesia, ke cloudways, tapi ini saya ambil yang vultr, bukan digitial ocean.

Propagasi DNS

Karena belum 1×24 jam dalam propagasi DNS akhirnya sitemap saya tidak bisa dibaca, celakanya karena file di hosting awal sudah di delete. Jadi mbah google tidak bisa baca sitemap saya pada server lama.

Saya coba ganti sitemap menggunakan google xml sitemap, hasilnya nihil, kemudian saya kembalikan lagi ke yoast seo (ini sudah include sitemap btw), setup dari awal dan ya.. NIHIL juga.

sitemap submited

Hub Support Cloudways

Kemudian saya coba iseng hubungi support cloudways apakah benar DNS propagasi yang menyebabkan sitemap saya di google search consule tidak bisa di fetch? karena saya akses menggunakan beberapa provider dan vpn sitemap nya bisa diakses dengan browser.

Benar, team support cloudways info kalau ini masalah propagasi DNS, oke, saya jawab email mereka thank you, anda bisa melakukan close untuk tiket saya.

Update WordPress 5.5

Singkat nya saya coba upgrade WordPress sambil nunggu proses propagasi DNS, kemudian saya baca bahwa wordpress terbaru sudah support sitemap bawaan (artinya tanpa tambahan plugin). Saya non activekan plugin google xml sitemap nya btw.

wp-sitemap.xml

Silahkan anda akses /wp-sitemap.xml untuk generate sitemap yang sudah diprovide oleh WordPress. Kemudian daftarkan sitemap anda di google search consule. Dan lihat hasilnya.

search consule

Selamat mencoba, dan semoga berhasil update dan submit sitemap nya, jangan lupa juga untuk update robots.txt nya ya.

Wassalam
Hendra Wijaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *