Cara analisa kualitas tidur dengan smartband

Halo selamat siang semua, gimana masih hobi tidur dimasa pandemic ini ? Ya beberapa orang memang cenderung jadi punya hobi baru, salah satunya tidur. tapi bagaimana cara kita menganalisa kualitas tidur kita ? berapa lama kita tidur ? apakah nyenyak atau tidak ? anda bisa memanfaatkan teknologi ini untuk mengukurnya.

Rekomendasi Lama Tidur

Rata-rata manusia memang memiliki lama tidur sesuai umur, menurut informasi yang saya himpun dari bebrepa sumber, berikut adalah acuan sebaiknya kita tidur berapa jam menurut kategori usia :

  1. Bayi baru lahir (0-3 bulan): 14-17 jam setiap hari.
  2. Bayi (4-11 bulan): 12-15 jam setiap hari.
  3. Balita (1-2 tahun): 11-14 jam setiap hari.
  4. Prasekolah (3-5 tahun): 10-13 jam setiap hari.
  5. Usia sekolah (6-13 tahun): 9-11 jam setiap hari.
  6. Dewasa muda (18-25 tahun): 7-9 jam setiap hari.
  7. Dewasa (26-64 tahun): 7-9 jam setiap hari.
  8. Lansia (65 tahun ke atas): 7-8 jam setiap hari.

Dan jika kita kurang tidur atau kurang dari rekomendasi jam diatas biasanya akan muncul gejala seperti pusing, lemas dan perubahan hormon dalam tubuh kita yang membuat kita tidak fit. Dari masalah diatas terkait lama jam tidur dan kualitas tidur, bagaimana cara kita melihat apakah ukuran diatas itu sudah sesuai dengan keseharian kita ?

Jawabannya adalah kita perlu alat / teknologi yang dapat menganalisa saat kita sedang tidur, teknologi seperti ini memang sudah sering ditemukan terutama pada smartband (gelang pintar) dan smartwatch (jam pintar), merk nya pun beragam, pengalaman saya hanya menggunakan 2 merk yakni samsung dan xiaomi. Kedua smartband diatas dapat menganalisa kualitas dan lama tidur kita setiap hari.

Gunakan Smartband

Berikut adalah yang perlu anda persiapkan :

  • Tentunya anda harus memiliki smartband, bisa juga menggunakan smartwatch tetapi menurut pengalaman saya karena smartwatch dari segi ukuran besar saat tidur mungkin terasa banyak gangguan tidak seperti smartband yang ukurannya lebih kecil dan ringan.
  • Usahakan pilih yang harganya terjangkau seperti xiaomi smartband atau samsung galaxy fit e.
  • Aplikasi untuk smartband seperti samsung health.
  • Gunakan smartband anda saat mulai tidur, pada saat anda tidur sensor2 pada smartband akan mendeteksi aktivitas anda terutama detak jantung.

  • Anda bisa track tidur anda berapa lama.

  • Kemudian efisiensi tidur, actual tidur, dan kalori yang dibakar saat tidur.
  • Ada juga grafik sepertii Restless, Light dan Motionless. Ini terkait saat anda tidak banyak bergerak dan tidak bergerak sama sekali menandakan (bukan mati ya) artinya detak jantung pada level yang paling rendah dikisaran 60. Untuk restless itu seperti bahasa jawanya ngelilir (bukan ngiler) itu beda lagi.

  • Report nya anda juga bisa di summary atau group kan setiap minggu atau setiap bulan.

Kesimpulan

Jika efisiensi tidur anda kurang misalnya anda sering terbangun dimalam hari, coba untuk lebih rileks tidak perlu banyak pikiran karena semua sudah ada yang mengatur, rezeki itu tidak akan tertukar seperti sandal jepit di masjid (halah), mungkin juga anda bisa mematikan lampu / penerangan dikamar anda agar lebih nyenyak tidurnya.

Harapannya dengan menganalisa tidur anda, anda bisa memperbaiki kualitas tidur anda sehingga bisa memperbaiki kualitas dari pekerjaan anda sehari-hari, karena jika kurang tidur biasanya kita tidak fokus dalam bekerja.

Selamat mencoba ya teman2, dan jangan dipaksakan untuk membeli smartband jika memang ini bukan prioritas teman2, jadi santai saja, ada rezeki lebih bisa beli tidak ada ya sudah tunggu ada rezeki, sementara catat manual dulu yah.

Wassalam
Hendra Wijaya

Referensi, diakses tanggal 11 Juli 2020, Pukul 12.00 Wita :

  1. https://carisinyal.com/smartband-terbaik-2/
  2. https://www.halodoc.com/artikel/berapa-jam-waktu-tidur-yang-ideal-
  3. https://lifestyle.kompas.com/read/2019/11/24/213120520/berapa-durasi-jam-tidur-yang-baik-sesuai-kelompok-usia?page=all
  4. https://www.alodokter.com/5-kondisi-yang-bisa-dialami-jika-kurang-tidur
  5. https://health.grid.id/read/352083858/dampak-kurang-tidur-pada-tubuh-salah-satunya-mudah-terserang-virus?page=all

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.