Cara Merestore Notebook Acer Ke Factory Setting

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 10 Agustus 2020.

Notebook sekarang yang langsung terintregasi dengan sistem operasi Windows [original] seperti XP dan Vista sudah banyak ditemui di pasaran [ Mungkin Sudah Lama], seperti Acer, Toshiba, Sony, dll.

CD Recovery

Dimana kebanyakan dari Notebook diatas tidak disertakan CD Recovery [Copy dari Windows Original] dalam pembeliannya [bahkan Drivernya pun tidak], disebabkan alasan tertentu, tetapi sebenarnya windows original [XP atau Vista]tersebut sudah di include kan pd notebook yang bersangkutan, dimana dia disimpan dalam Hardisk yang partisinya tidak terlihat [Hidden Partition] dan berbentuk “image’, biasanya partisi tersebut menggunakan file system [RAW]

Hidden Partition
partisi

Cara ini cukup bagus dan simple, sehingga memudahkan kita jika ingin mengembalikan settingan default [recovery] jika terdapat suatu masalah yang mengharuskan kita untuk menginstall ulang semua software [SO dan Applikasi lainnya], sebenarnya ada beberapa kondisi yang harus diperhatikan :

1. Sistem Operasi Windows [vista atau xp] masih dapat digunakan [Rusaknya tidak terlalu parah]/[masih dapat login windows], kita dapat merestore [image] yang berada pada hidden partition langsung dari windows tersebut, sebagai contoh saya menggunakan notebook acer,

Acer Recovery Management
Acer Recovery Management

Anda dapat menggunakan alat bantu berupa “Acer Recovery Management”. untuk notebook tipe lain mungkin ada software tambahan seperti acer tetapi kemungkinan dengan nama yang hampir sama. Jika tidak menemukannya silahkan gunakan cara no 2.

2. Sistem Operasi Windows [vista atau xp] tidak dapat login windows [rusak parah] maka solusinya harus menggunakan alat bantu lain : contoh [linux live cd / so [apapun] yang live cd] tujuannya adalah men set active hidden partition tersebut.

Solusi


a. Menggunakan Linux Live CD / SO [apapun] Live CD
Buka [management] hardisknya, lalu set active partisi image tersebut. Setelah men set active, lalu restart notebook anda dan ikuti perintah beriktunya.

b. Menggunakan Tombol Kombinasi pada Keyboard.
Ini adalah solusi yang praktis [karena sudah disediakan oleh pabrik] yang dapat anda tempuh, dengan syarat semua data pada partisi [C:] harus dipindahkan kepartisi lain atau media storage lain [hal ini berlaku pada kasus 1 dan 2].

Pertama anda harus menset aktive terlebih dahulu fiturnya, yaitu fitur yang disebut D2D, fitur ini dapat diaktivkan melalui BIOS [Basic Input Output System]. untuk masuk kedalam BIOS anda dapat menekan tombol F2 [berbeda untuk setiap notebook]. Lalu cari fitur D2D dan set menjadi [Enable], lalu simpan perubahan konfigurasi tersebut.

Kedua, setelah komputer akan booting tekan bersamaan tobol [Alt+F10], maka dengan secara otomatis sistem Recovery pada notebook anda kan muncul, ikuti langkah selanjutnya.

Catatan

Ingat, Backup terlebih dahulu data2x penting [C : dan D:] anda di media storage lainnya [hardisk external] / [Flash disk]. Jika tidak dapat login di windows gunakan [Bart PE atau Norton Ghost] untuk mengcopy data anda di media yang sudah disediakan.

Selamat Mencoba.

Wassalam
Hendra Wijaya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top