Cara Reset Password BIOS Komputer

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 29 Juli 2020.

Berbeda dengan BIOS Notebook/Laptop, BIOS pada komputer biasa dapat direset dengan mudah tanpa membutuhkan backdoor password maupun biaya ratusan ribu. Sebuah mainboard dimana BIOS di si includekan disana, biasanya terdapat BIOS utama maupun BIOS cadangan/backup BIOS, hanya mainboard tertentu saja yang ada backup BIOSnya.

Pertama cabut semua arus listrik yang mensuplay komputer anda! kemudian carilah jumper BIOS nya, biasanya terletak di dekat batrai CMOS, atau baterai BIOS yang bentuknya linkaran pipih seperti baterai jam, jumper bios pada komputer dipasang dengan normal yakni 1 dan 2 sedangkan key 3 tidak digunakan.

Pada panel jumper terdapat tiga panel kecil yang berurutan yakni | | | (1,2,3) defaultnya jumper terpadang pada panel nomor 1 dan 2, UNTUK MERESET BIOS NYA, pindahkan jumper tersebut ke panel nomor 2 dan 3, biarkan selama 5 detik, lalu kembalikan jumper tersebut ketempat semula ke panel 1 dan 2. Hidupkan komputer anda dan coba tekan F2 atau DEL untuk masuk ke bios lagi, lihat hasilnya.

Jika anda kesulitan untuk menemukan jumper BIOS, atau vendor tidak menyediakan jumper bios namun hanya menyediakan PANEL, | | | (1,2,3) caranya adalah menggabungkan/menghubungkan panel 2 dan 3 dengan menggunakan ujung pulpen, atau ujung kunci motor, atau obeng plus/min dan tahan selama lima detik.

Dan jika anda tidak menemukan panel BIOS nya, cabutlah baterai bios anda, diamkan selama 1 hari, dan esok harinya pasang kembali baterai biosnya.

Wassalam
Hendra Wijaya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top