Coba Upcloud, AlibabaCloud dan RunCloud

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 3 September 2020.

Halo selamat sore semua, kali ini saya akan share pengalaman untuk coba cloud server dari Uplcloud.com, vps dari alibaba dan control panel dari Runcloud.io.

Sebelumnya anda bisa membaca artikel saya terkait vps alibaba + webuzo atau bisa vps idwebhost dan juga bisa membaca cloud hosting yang populer seperti cloudways.

About UpCloud Cloud Server

Jadi yang membuat saya tertarik untuk trial dari uplcloud adalah karena speed server nya yang Cepat menurut beberapa artikel dan group yang saya ikuti.

Di dukung dengan teknologi MAXIOPS yang memungkinkan membaca data lebih cepat, dan harga nya yang menurut saya sangat ekonomis untuk sekelas cloud server.

UpCloud cloud server yang paling ekonomis adalah diharga 5$ (lima dolar) dengan spesifikasi 1 GB dan 1 Core Processor, tanpa control panel.

upcloud.com basic pricing

Jika anda mahir linux untuk konfigurasi dan installasi, harusnya tanpa control panel sudah bisa live.

Karena tanpa control panel inilah saya mencoba untuk melakukan test install control panel menggunaka Runcloud.io

Alibaba Cloud

Kalau alibaba cloud ini adalah raksasa teknologi sangian besar microsoft, ibm, google dan aws khususnya dibeberapa sektor seperti cloud dan AI.

Untuk menambah sedikit wawasan anda silahkan baca artikel saya terkait coba alibaba cloud dan alibaba cloud + webuzo.

About RunCloud.io

Runcloud.io sendiri adakah costume control panel yang di design agar memudahkan anda untuk melakukan konfigurasi server walaupun anda tidak tidak expert dalam server yang sistem operasi (khusus) nya linux.

runcloud.io basic pricing

A simple yet powerful control panel for cloud servers
With RunCloud, you don’t need to be a Linux expert to build a website powered by DigitalOcean, AWS, or Google Cloud. Use our graphical interface and build a business on the cloud affordably.

runcloud.io

Langkah Daftar

Sebelum anda melakukan deploy cloud server dan melakukan koneksi cloud server dengan control panel dari runcloud.io, anda harus melakukan pendaftaran akun pada masing-masing penyedia.

  • Daftar akun pada upcloud.com dan runcloud.io
  • Kemudian dari masing-masing penyedia layanan akan memberikan free trial, saya coba untuk free trial pada upcloud selama 3 hari.
  • Untuk runcloud.io sendiri ada limitasi jika menggunakan free akun, jika anda menggunakan basic akun dengan biaya 6$ per bulan akan memiliki akses lebih banyak lagi seperti contohnya : konfigurasi firewall, file manager, dll.

Baik, setelah anda mendaftar pada penyedia cloud server upcloud.com, anda akan diminta untuk mengisi informasi kartu kredit yang masih aktive, dalam hal ini saya menggunakan BCA.

Kemudian anda dipersilahkan untuk deploy server, dan anda bisa memilih location server nya ada dimana, misalnya di jerman, us, france, atau singapura.

Saya sendiri mencoba yang di singapura.

Server location

Langkah selanjutnya anda silahkan pilih teknologi MAXIOPS dan anda hanya berhak mencoba yang 1 CPU dan 1GB saat melakukan masa trial.

Saya install OS nya menggunakan ubuntu 20, karena runcloud.io ‘mengharuskan’ untuk menginstall fresh sistem operasi terlebih dahulu.

Ubuntu 20 on server

Silahkan anda simpan IP internet dari server anda yang baru di develop untuk di pointing ke runcloud.io

Pointing ke RunCloud.io

Setelah anda mencatat IP internet dari server cloud yang sudah anda develop sebelumnya, silahkan anda navigasi ke dashboard RunCloud.io.

Kemudian klik add server, runcloud.io akan menyediakan banyak platform yang dapat terkoneksi dengan control panel mereka.

Seperti linode, digital ocean, vultr, upcloud, amazon lightsail, google cloud platform, amazon webservic, microsoft azure, dll.

Karena kita akan menggunakan upcloud silahkan anda pilih upcloud. Pilih opsi untuk connect via IP Address.

connect via ip address server

Berikan nama server misalnya ubuntu-upcloud, dan masukan IP server cloud server dari upcloud yang sudah anda develop sebelumnya. Klik Add this server.

Add server to runcloud.io

Gagal Installasi Runcloud.io

Ya, runcloud.io harus membuka port 34210, 443 dan 80 untuk akses installasi dari control panelnya, untuk port 443 dan 80 sudah default open pada server trial di upcloud.com, namun untuk menambahkan port 34210 anda harus tidak berada pada masa trial.

Port yang diopen pada upcloud trial

Oh ya maaf, anda jangan marah ya, kenapa saya tidak bilang dari awal jika trial upcloud.com tidak bisa installasi runcloud.io karena keterbatasan fitur seperti firewal yang tidak di tambah/kurang pada saat masa trial.

Jika nanti saya info dari awal artikel, anda tidak akan membaca sampai habis, dan kemungkinan anda tidak akan mendapatkan manfaat dari artikel ini.

Alibaba vps + runcloud.io

Untuk platform alibaba tidak tidulis pada dashboard runcloud.io, namun demikian ada tab bernama ‘other’ anda bisa gunakan untuk menambah vps alibaba ke control panel runcloud.io.

Silahkan anda lihat artikel terkait coba vps alibaba dan vps alibaba + webuzo untuk melihat cara deploy ECS nya. Dan open port / firewall untuk port 34210, 443, dan 80 pada security group ECS.

Setelah anda deploy ECS dan menambahkan rules port nya, catat ip eksternal / internet dari vps alibaba dan masukkan kedalam configuration server di runcloud.io.

Masukan juga password root nya untuk proses installasi. Setelah ready semua klik Start Instllastion.

Start installation on alibaba vps

Instllasi tergantung koneksi internet di vps anda, sekitar 15 menit mungkin baru selesai, jika anda gagal melakukan installasi, silahkan anda gunakan tab Manual Instllation.

Pada manual installation anda diminta untuk login menggunakan SSH pada pc / laptop / vnc di alibaba vps, kemudian copy paste script yang sudah di provide oleh runcloud.i dan tunggu hingga proses installasi selesai.

Installation progress

Setelah selesai dashboard dari control panel runcloud.io adalah seperti dibawah ini.

Untuk versi gratisan anda hanya bisa menambahkan 1 server, dan fitur-fitur lain akan tidak bisa digunakan secara otomatis hingga anda melakukan upgrade ke basic services.

Tetapi, untuk deploy wordpress disediakan oleh runcloud.io pada menu web application, jadi anda bisa deploy wordpress dari sana.

dashboard runcloud.io panel

Kesimpulan

Apa yang hendak saya sampaikan kepada pebaca adalah alternative control panel eksisting yang sering digunakan seperti cpanel dan webuzo anda dapa mencoba control panel dari runcloud.io.

Jika dilihat dari sisi ekomonis atau tidak anda bisa hitung2an dengan biaya sewa 5 dolar ditambah dengan biaya basic control panel runcloud.io sebesar 6 dolar total menjadi 11 dolar.

Sama halnya anda menyewa vps kosongan atau cloud hosting pada cloudways baik menggunakan digital ocean atau vultr.

Hanya saja anda memiliki pengalaman baru dan ilmu baru dalam menggunakan control panel dari runcloud.io, menurut saya itu yang menjadi pertimbangan jika anda ingin menggunakan product tersebut.

Tentu saja anda dapat menginstall webuzo pada server cloud upcloud.com, jika anda sudah tidak menggunakan masa trial, karena webuzo sendiri menggunakan port 2002 dan 2004 untuk configurasinya dan itu bisa di open jika anda sudah upgrade membersip pada upcloud.com

Selamat mencoba.

Wassalam
Hendra Wijaya

Bagikan ini :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top